KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI TATA KRAMA BUDAYA JAWA DI LINGKUNGAN KARATON SURAKARTA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN


Oktavia Indah Permata Sary, 1601416005 (2020) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI TATA KRAMA BUDAYA JAWA DI LINGKUNGAN KARATON SURAKARTA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416005.pdf - Oktavia indah permata sary.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat keterlibatan orang tua dalam penanaman nilai tata krama budaya jawa di lingkungan Karaton Surakarta pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitiaan ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan pengumpulan data (dokumen). Dokumen yang dikumpulkan berfungsi sebagai data pendukung. Kemudian keabsahan data dilihat menggunakan triangulasi teknik. Dalam subjek penelitiannya penulis memilih dua orang ibu yang memiliki anak usia 5-6 tahun di lingkungan Karaton Surakarta dan peneliti memilih informan dengan ditetapkan atas dasar kriteria atau pertimbangan yang mengetahui informasi tentang penelitian ini, yaitu Sekertaris Kelurahan Baluwarti dan pengurus Karaton Surakarta. Hasil analisis data bahwa keterlibatan orang tua dalam penanaman nilai tata krama budaya Jawa di lingkungan Karaton Surakarta dilakukan untuk menanamkan nilai tata krama budaya Jawa yang akan membentuk karakter anak sejak dini, hal tersebut selalu diterapkan oleh orang tua di Kelurahan Baluwarti. Keterlibatan orang tua ini juga dpengaruhi oleh faktor pendukung berupa faktor lingkungan keluarga, motivasi orang tua, dan kegiatan budaya Jawa di Kelurahan Baluwarti. Faktor penghambat berupa faktor budaya digital dan faktor pergaulan di masyarkat. Peneliti merekomendasikan Kelurahan Baluwarti untuk mengadakan kegiatan di masa pandemic dengan perlombaan seni untuk anak-anak yang nantinya bisa di unggah di berbagai sosial media agar anak-anak dirumah tetap mendapatkan kegiatan dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orang Tua, Penanaman Nilai Tata krama, Budaya Jawa, Lingkungan Karaton Surakarta
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:20
Last Modified: 05 Oct 2021 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47059

Actions (login required)

View Item View Item