STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI WONOKROMO, COMAL, PEMALANG


Putri Septiani, 1601416001 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI WONOKROMO, COMAL, PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416001 - Putri Septiani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Cinta lingkungan merupakan sebuah karakter yang harus dimiliki anak dari sejak usia dini. Rasa cinta pada lingkungan tidak begitu saja muncul pada diri anak-anak. Strategi-strategi yang dirancang untuk menanamkan kesadaran cinta lingkungan perlu dilakukan sedini mungkin dengan memperhatikan kondisi dan situasi pada diri anak. Dengan ini, menanamkan rasa cinta lingkungan perlu ditanamkan sejak usia dini, baik di lembaga formal (TK), informal (TPA dan KB) maupun nonformal di keluarga serta lingkungan masyarakat sekitar. Sedangkan karakter peduli lingkungan merupakan sikap karakter sesorang yang menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan, dan ditunjukkan melalui tindakan dan sikap, dan ditunjukkan melalui tindakan sebagai upaya untuk memperbaiki kerusakan lingkungan yang telah terjadi, dan juga menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar. Fokus penelitian ini adalah strategi guru dalam menanamkan karakter cinta lingkungan pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Wonokromo Comal Pemalang. Dimana Taman Kanak-kanak tersebut berhasil meraih penghargaan sekolah sehat di Tingkat Kecamatan. Bukan dari penghargaannya saja yang sudah di dapat, sekolah tersebut juga terkenal dengan pembudidayaan lidah buayanya yang diajarkan kepada anak didik sebagai wujud ciri khas dari Desa TK Pertiwi Wonokromo tersebut, yaitu Desa Wonokromo. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelian studi kasus, dan dengan tipe penelian studi kasus eksplanatori. Penelitian yang bertitik pada pertanyaan dasar “mengapa” dan “bagaimana”, bukan sekedar mengetahui apa yang terjadi dan bagaimana terjadinya, melainkan untuk mengetahui mengapa terjadi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer Kepala Sekolah, Guru, dan Orang Tua Wali Murid TK Pertiwi Wonokromo dan data sekunder yaitu dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan karakter cinta lingkungan pada anak usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Wonokromo Comal Pemalang dengan melalui kurikulum sekolah, penerapam startegi guru dalam menanamkan karakter cinta lingkungan dalam proses pembelajaran, lingkungan sekolah, nilai-nilai cinta lingkungan dan karakter peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cinta Lingkungan, Karakter Peduli lingkungan, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:08
Last Modified: 05 Oct 2021 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47058

Actions (login required)

View Item View Item