MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PEMBELAJARAN KOMPUTER DI TK KOTA SEMARANG


Afifatum Munafiah, 1601415058 (2020) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PEMBELAJARAN KOMPUTER DI TK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601415058 PDF - afifatum munafiah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen ekstrakurikuler pembelajaran komputer di taman kanak-kanak yang ada di Kota Semarang memiliki peranan penting. Manajemen ekstrakurikuler yang terkelola dengan baik akan menimbulkan efek yang baik pula untuk ekstrakurikuler tersebut. Ekstrakurikuler pembelajaran komputer diberikan kepada anak di taman kanak-kanak agar mereka mengetahui kemajuan teknologi sejak dini dan untuk meningkatkan konsep berpikir, sehingga menambah daya imajinasi dan kreativitas anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana manajemen ekstrakurikuler pembelajaran komputer dikelola, dan kendala apa saja yang dialami dalam kegiatan ekstrakurikuler komputer. Penelitian ini dilaksanakan di tiga lembaga TK yang ada di Kota Semarang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model interaktif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, pihak lembaga membuat perencanaan, membentuk organisasi untuk mengelola ekstrakurikuler komputer, menyusun perencanaan, tujuan, dan melakukan evaluasi setelah kegiatan. Dan dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala yang dialami, yaitu berasal dari pendidik, peserta didik, dan sarana prasarana. Kendalanya adalah pendidik yang kurang berkompetensi dibidang komputer dan kurang kreatif dalam manyajikan pembelajaran, peserta didik yang memiliki karakteristik berbeda-beda sehingga pendidik harus memilih metode dan strategi pembelajaran yang tepat menyesuaikan dengan peserta didiknya, untuk sarana prasarana masih kurang memadai, sehingga menghambat proses kegiatan ekstrakurikuler komputer. Sarannya, perlu adanya pelatihan untuk pendidik pembelajaran komputer, dan memilih strategi dan metode pembelajaran yang menarik peserta didik serta menambah sarana prasarana dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Pembelajaran Komputer, Anak Usia Dini,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:46
Last Modified: 05 Oct 2021 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47057

Actions (login required)

View Item View Item