PENERAPAN MEDIA SOSIAL ONLINE WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG PENGASUHAN POSITIF DI KELURAHAN KRAPYAK KOTA SEMARANG BARAT


Yolanda Ade Suparman, 1601415048 (2020) PENERAPAN MEDIA SOSIAL ONLINE WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG PENGASUHAN POSITIF DI KELURAHAN KRAPYAK KOTA SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601415048 - Yolandaa Suparman.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan orangtua tentang pengasuhan positif antara sebelum dan sesudah dilakukan program pengasuhan positif melalui media sosial online Whatsapp. Penelitian ini dilakukan di kelurahan Krapyak kota Semarang Barat dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen menggunakan pre eksperimental designe dengan bentuk rancangan One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini melibatkan 32 orangtua bekerja yang tinggal di kelurahan Krapyak yang memiliki anak berusia 3-6 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dari pretest dan posttest diolah menggunakan aplikasi SPSS. Teknik analisis data yang digunakan ini adalah Paired Sample t Test. Hasil perhitungan hipotesis dapat diterima maka nilai thitungharus lebih kecil dari ttabel (thitung<ttabel) dan Sig. < 0,05. Hasil menunjukkan bahwa nilai thitung -20.457< ttabel 1.694 dan Sig. 0.000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Hasil penelitian menemukan adanya perbedaan pengetahuan orangtua tentang pengasuhan postif antara sebelum dan sesudah dilakukan program pengasuhan positif melalui media sosial online Whatsapp. Penelitia ini diharapkan dapat menambah wawasan baru dan manfaat bagi pembaca terutama mengenai pengasuhan positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orangtua; Pengasuhan Positif; Whatsapp
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:33
Last Modified: 05 Oct 2021 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47054

Actions (login required)

View Item View Item