PENGARUH BRAIN GYM ARM ACTIVATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AWAL ANAK KELOMPOK B DI TK MASYITOH MEJASEM


Devinta Dwi Hutami, 1601414047 (2020) PENGARUH BRAIN GYM ARM ACTIVATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AWAL ANAK KELOMPOK B DI TK MASYITOH MEJASEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414047 - Devinta DH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fakta yang terjadi di lapangan, anak usia dini sudah mulai diajarkan calistung (membaca, menulis dan menghitung). Khususnya pada kemampuan menulis menjadi bekal awal anak dalam melanjutkan pendidikan anak ke jenjang Sekolah Dasar (SD). Keterampilan harus melalui latihan dan stimulasi. Peneliti menggunakan gerakan brain gym arm activation dalam mengoptimalkan kemampuan menulis anak. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brain gym arm activation terhadap kemapuan menulis awal anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah responden 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di TK Masyitoh Mejasem Kabupaten Tegal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis serta uji peningkatan. Uji analisis deskriptif diperoleh kemampuan menulis awal pretest 66.67% kategori sangat mampu dan posttest 80% dalam kategori sangat mampu. Uji normalitas didapatkan hasil pretest 0.967 > 0.05 dan posttest 0.945 > 0.05 diketahui bahwa data berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test SPSS 21.0 dengan nilai signifikasi adalah 0.000 < 0.050 atau –2.048 ≥ -9.897 atau 9.897 ≥ 2.048 maka Ho ditolak dan Ha yang menyatakan pelaksanaan gerakan brain gym arm activation memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis awal anak usia 5-6 tahun diterima. Uji peningkatan didapatkan hasil terdapat peningkatan sebesar 0.96%. Hal tersebut berarti bahwa terdapat peningkatan kemampuanmenulis awal anak usia 5-6 tahun setelah diberikan kegiatan brain gym arm activation.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arm Activation, Brain Gym, Menulis, Menulis Awal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:08
Last Modified: 05 Oct 2021 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47051

Actions (login required)

View Item View Item