AKTIVITAS GERAK TUBUH SEBELUM MELULAI PEMBELAJARAN (Studi di PAUD Gaussian Kamil School)
Ghifara Rahmana, 1601413119 (2020) AKTIVITAS GERAK TUBUH SEBELUM MELULAI PEMBELAJARAN (Studi di PAUD Gaussian Kamil School). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (785kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan aktivitas gerak tubuh sebelum pembelajaran di PAUD Gaussian Kamil School, (2) untuk mendeskripsikan manfaat dan hambatan dalam pelaksanaan aktivitas gerak tubuh sebelum memulai pembelajaran pada perkembangan anak di PAUD Gaussian Kamil School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini; (1) data primer, berupa hasil wawancara kepala sekolah dan guru; (2) data sekunder, berupa catatan dan laporan dari sekolah. Keabsahan data mengunakan triangulasi data dengan mengumpulkan data dan sumber data yang ada. Analisis data yang dilakukan yaitu teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan aktivitas gerak tubuh yang dilakukan sebelum pembelajaran di PAUD Gaussian Kamil School sepenuhnya hanya dilakukan oleh tenaga pendidik, (2) manfaat yang didapat dari pelaksanaan aktivitas gerak tubuh yang dilakukan sebelum pembelajaran di PAUD Gaussian Kamil School, yaitu mampu mengoptimalkan kemampuan perkembangan anak dalam kemampuan gerak kasar, kemampuan kerak halus, kmampuan bicara dan berbahasa: Kemampuan bersosialisasi (berinteraksi), dan kemampuan kemandirian, (3) hambatan dalam pelaksanaan aktivitas gerak tubuh yang dilakukan sebelum pembelajaran di PAUD Gaussian Kamil School, yaitu keterbatasan prasarana pendukung, keterbatasan guru pembimbing dalam mengawasi siswa, kegiatan hanya diawasi oleh guru yang ada tanpa melibatkan seorang yang ahli dalam aktivitas gerak siswa, beberapa sarana tergangu karena proses pembangunan gedung baru dalam satu lingkungan sekolah. Saran penelitian ini untuk lebih mengintefsikan pembelajaran melalui kegiatan yang menyenangkan, seperti aktivitas gerak tubuh sebelum pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan aspek perkembangan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Gerak Tubuh, Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 03:04 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 03:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47050 |
Actions (login required)
View Item |