PERAN TUTOR DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN DI BIMBINGAN BELAJAR HOME OF INTELLIGENT FOR KIDS (HI KIDS) SEMARANG


Devi Nurjanah, 1601413068 (2020) PERAN TUTOR DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN DI BIMBINGAN BELAJAR HOME OF INTELLIGENT FOR KIDS (HI KIDS) SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413068 - Devi Nurjanah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Maraknya lembaga bimbingan belajar yang hadir di tengah kebutuhan masyarakat akan pendidikan anak usia dini membuat orang tua memasukkan anaknya ke lembaga bimbingan belajar. Lembaga bimbingan belajar berusaha semaksimal mungkin menyediakan layanan belajar yang baik untuk anak. Hal tersebut didukung dengan adanya tutor yang kompeten dalam memberikan pembelajaran kepada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran tutor dalam strategi pembelajaran di Lembaga Bimbingan Belajar Home of Intelligent for Kids Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis studi deskriptif. Subyek penelitian ini adalah tutor sebagai informan utama, pengelola sebagai informan pendukung, dan orang tua anak sebagai informan triangulasi. Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisi data dalam penelitian ini adalah analisis data Interaktif Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen maka dapat di simpulkan bahwa peran tutor dalam strategi pembelajaran di HI Kids Semarang terdiri atas tutor sebagai perancang kegiatan pembelajaran, tutor sebagai pengelola pembelajara, tutor sebagai mediator dan fasilitator, tutor sebagai evaluator. Dalam pelaksanaan pembelajaran tutor berusaha menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan. Tutor berfokus pada kemampuan anak sehingga tutor dapat menyesuaikan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kemampuan anak tanpa memaksakan pembelajaran kepada anak. Hal yang menjadi kendala tutor dalam melaksanakan strategi pembelajaran adalah kemampuan dan karakteristik anak yang berbeda-beda baik yang pendiam maupun yang terlalu aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Diharapkan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tutor benar-benar memahami karakteristik anak dan selalu kreatif dengan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan keutuhan anak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Tutor, Strategi Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 02:43
Last Modified: 05 Oct 2021 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47047

Actions (login required)

View Item View Item