EFEKTIVITAS PERMAINAN ENGKLEK AL BASHA’IR TERHADAP KEMAMPUAN AWAL MENGENAL HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM AL MADINA, KOTA SEMARANG


Siti Mardiati Yuni Eka Wulandari, 1601413056 (2020) EFEKTIVITAS PERMAINAN ENGKLEK AL BASHA’IR TERHADAP KEMAMPUAN AWAL MENGENAL HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM AL MADINA, KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413056.pdf - Siti Mardiati Yuni Eka Wulandari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Engklek Al Basha’ir merupakan permainan tradisional yang biasa disebut dengan sunda manda atau mempunyai nama asli “Zondang Maandag” yang berasal dari bahasa Belanda. Menurut sejarahnya permainan Zondang Maandag ini dibawa oleh Belanda pada masa penjajahannya di negara Indonesia. Permainan tersebut dimodifikasi dengan pengenalan huruf Hijaiyyah pada 4 tahapan yaitu mengenal huruf gundul, menulis huruf, mengenal huruf dengan harokat, mengenal huruf sambung beserta harokat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal Huruf Hijaiyyah anak kelompok A melalui penerapan media Engklek Al Basha’ir. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelompok A usia 4-5 tahun TK Islam Al Madina Semarang. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 anak dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 1 bulan dengan jumlah perlakuan sebanyak 12 kali. Pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu tes sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan tes setelah diberikan perlakuan (posttest). Responden yang digunakan adalah 30 anak pada kelompok A. Pada proses pelaksanaan melibatkan observer yaitu dua orang guru kelas serta peneliti sendiri. Jadwal pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan April 2019. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai – t tabel > t hitung > t tabel, yaitu (- 2.045 > -16.640 atau 16.640 > 2.045), dengan sig = 0.000. Perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari nilai sig 2 tailed < 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Engklek Al Basha’ir memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyyah anak kelompok A. Saran: 1) Kemampuan mengenal huruf hijaiyyah pada anak usia 4-5 tahun dapat dilakukan dengan menggunakan media Engklek Al Basha’ir. 2) Pemberian materi pengenalan huruf hijaiyyah dapat diberikan melalui 4 variasi tahap Engklek Al Basha’ir agar dapat terealisasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Engklek Al-Basha’ir, Kemampuan Kognitif, Huruf Hijaiyyah, Anak Usia 4-5 Tahun.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 02:32
Last Modified: 05 Oct 2021 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47046

Actions (login required)

View Item View Item