STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM PENGENALAN PERAN GENDER PADA ANAK USIA DINI DI LEMBAGA KUTTAB AL-FATIH SEMARANG


Ulfatul KhairiyahAsyaefi, 1601413051 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM PENGENALAN PERAN GENDER PADA ANAK USIA DINI DI LEMBAGA KUTTAB AL-FATIH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413051 - Takaran Sesuka Hati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan adanya kaum LGBT yang kian masif, serta maraknya anak-anak yang terlibat dalam hubungan sesama jenis karena adanya pengalaman hidup sebelumnya.Upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan adanya Undang-undang terkait Pengarusutamaan Gender (PUG) sebagai wujud menciptakan pendidikan berwawasan gender. Kuttab Al-Fatih Semarang memiliki kurikulum yang tidak sama dengan pemerintah.Dalam penelitian ini, peneliti ingin menemukan informasi mengenai implementasi beerdasarkan kurikulum di Kuttab Al-Fatih Semarang dalam strategi pembelajaran guru dalam pengenalan peran gender pada anak usia dini.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang strategi pembelajaran guru dalam pengenalan peran gender pada anak usia dini, faktor pendukung serta penghambat dalam menerapkan strategi pembelajaran guru dalam mengenalkan peran gender di Kuttab Al-fatih Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam menghimpun data. Teknik analisis data dengan menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah strategi pembelajaran guru yang digunakan dalam pengenalan peran gender pada anak usia dini dengan melalui metode modelling yang mana adalah meniru, metode pembiasaan yang mana anak dilatih untuk membiasakan kebiasaan baik, metode kisah qur’ani dan nabawi adalah dengan penyampaian kisah disetiap pembelajaran, serta metode keteladanan yaitu dengan guru memberikan contoh langsung dan tidak langsung dari perilaku kepada peserta didik. Hal yang menjadi faktor pendukung terpenting strategi pembelajaran guru dalam pengenalan peran gender adalah adanya kajian penunjang untuk guru menambah wawasan serta menyamakan konsep pemahaman, dan adanya kerja sama antara guru dengan orang tua. Hal yang menjadi faktor penghambat strategi pembelajaran guru dalam pengenalan peran gender adalah sarana perpustakan yang kurang memadai, minimnya referensi pengetahuan kisah shohih, jumlah guru perempuan yang lebih banyak dibanding guru laki-laki, waktu yang terbatas dalam mengoptimalkan pengenalan peran gender, pemahaman konsep kuttab serta pendidikan berwawasan gender yang belum seragam serta belum adanya acuan yang tertulis. Diharapkan dapat dijadikan acuan serta menambah wawasan bagi para guru dalam pembelajaran pengenalan peran gender pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Guru, Peran Gender, Anak Usia Dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 02:26
Last Modified: 05 Oct 2021 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47045

Actions (login required)

View Item View Item