KESADARAN IBU PEKERJA SEKS KOMERSIAL TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI DESA TEGAL REJO, KECAMATAN BERGAS, KABUPATEN SEMARANG


Nur Fadillah, 1601413036 (2020) KESADARAN IBU PEKERJA SEKS KOMERSIAL TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI DESA TEGAL REJO, KECAMATAN BERGAS, KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413036 - noer fadillah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Desa Tegal Rejo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, tepatnya di depan rumah sakit Ken Saras. Desa Tegal Rejo merupakan tempat lokalisasi dimana ibu yang bekerja sebagai pekerja seks komersial memiliki anak usia dini yang berada pada usia sekolah. Umumnya ibu pekerja seks komersial kurang memiliki waktu untuk sekedar mengantar anak ke sekolah atau menyekolahkan anaknya. Hal tersebut menjadi dasar bagi peneliti untuk melihat lebih dalam bagaimana kesadaran ibu pekerja seks komersal tentang pendidikan anak usia dini di desa Tegal Rejo, dengan harapan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah setempat dalam penanganan pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu ibu pekerja seks komersial di desa Tegal Rejo. Pengumpulan data dengan menggunakan skala kesadaran ibu PSK tentang PAUD. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis One Sample t-Test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat dulu yaitu uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai t sebesar -5.024 dengan p < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kesadaran ibu pekerja seks komersial tentang PAUD. Terdapat 73,33% atau 22 responden memilki kesadaran sedang, 23,33% atau 7 responden memiliki kesadaran tinggi dan 3,33% atau 1 reponden memiliki kesadaran rendah. Ibu yang belum menyekolahkan anaknya mereka tetap memilki kesadaran akan pentingnya pendidikan anak usia dini. Kesadaran akan pentingnya pendidikan anak usia dini didapatkan ibu dari berbagai sumber seperti, koran, smartphone, internet, dan media massa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesadaran ibu, pekerja seks komersial, pendidikan anak usia dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Oct 2021 02:20
Last Modified: 05 Oct 2021 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47044

Actions (login required)

View Item View Item