PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI TENTANG BENCANA TSUNAMI MELALUI MEDIA PLATE FRACTURE DI TPQ DAARUL QURÁN KELURAHAN KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Muh Rifai, 3201416042 (2020) PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI TENTANG BENCANA TSUNAMI MELALUI MEDIA PLATE FRACTURE DI TPQ DAARUL QURÁN KELURAHAN KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI TENTANG BENCANA TSUNAMI MELALUI MEDIA PLATE FRACTURE DI TPQ DAARUL QURÁN KELURAHAN KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG] PDF (PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI TENTANG BENCANA TSUNAMI MELALUI MEDIA PLATE FRACTURE DI TPQ DAARUL QURÁN KELURAHAN KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rifai, Muh. 2021, Peningkatan Pengetahuan Santri Tentang Bencana Tsunami Melalui Media Plate Fracture Di TPQ Daarul Qur’an Kelurahan Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurusan Geografi FIS UNNES. Pembimbing Dr. Juhadi, M.Si. 66 Halaman. Kata Kunci: Pengetahuan, Efektivitas, Tsunami Bencana tsunami sering terjadi di Indonesia khususnya daerah jalur ring of fire. Peningkatan pengetahuan terhadap santri merupakan inovasi baru untuk mengurangi dampak negatif bencana tsunami bagi masyarakat Indonesia. manifestasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi terkait pengetahuan bencana tsunami adalah dengan suatu pembelajaran. Maka dari itu, dibuatlah media plate fracture yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Media tersebut dibuat dengan maksud untuk menarik perhatian para santri pada saat pembelajaran tentang bencana tsunami. Tujuan penelitian ini antaralain 1) Membuat media plate facture untuk meningkatkan pengetahuan santri TPQ Daarul Quran. 2) Menguji tingkat efektifitas media plate fracture. Lokasi penelitian ini dilakukan di TPQ Daarul Quran yang terletak di Kota Semarang Kecamatan Gunungpati Kelurahan Kalisegoro. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh santri yang belajar di TPQ Daarul Quran. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan unit purposive sampling berjumlah 30 sampel dari jumlah populasi yang terdiri dari 48 santri. Pendekatan yang digunakan adalah eksperimen bermodel one-group pretest-posttest design. Variabel penelitian ini yaitu efektivitas media plate fracture dengan sub variabel peningkatan pengetahuan, validasi media, dan tanggapan positif santri. Teknik pengambilan data terdiri dari tes, kuisioner dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data, diawali dengan validasi media, uji normalitas, uji t, uji n-gain dan tanggapan positif santri. Uji normalitas, uji t dan uji N-gain digunakan untuk menguji perolehan hasil data pretest dan data pretest melalui tes. Setelah itu dilakukan analisis deskripsi kuantitatif Penelitian ini menunjukan bahwa media plate fracture yang sudah tersusun, tervalidasi oleh dosen ahli dengan syarat perbaikan sesuai saran. Penilaian validasi media memiliki persentase 66% (baik) serta persentase tanggapan positif santri terkait media plate fracture 71% (baik). Peningkatan pengetahuan diukur berdasarkan pelaksanaan pembelajaran dengan pretest dan posttest yang diuji dengan uji normalitas 0,692 (pretest) dan 0,026 (posttest) dinyatakan normal, uji t 0,000 dan uji n-gain 8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) media plate fracture dinyatakan tidak dapat meningkatkan pengetahuan santri tentang bencana tsunami, dan 2) media plate fracture dinyatakan tidak efektif untuk pembelajaran tentang bencana tsunami.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Efektivitas, Tsunami
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Disasters
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:27
Last Modified: 04 Oct 2021 07:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47043

Actions (login required)

View Item View Item