EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KOMPUTER AIDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TERPADU DARUNNAJAH MRANGGEN


Yuliana Sari, 1601413018 (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KOMPUTER AIDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TERPADU DARUNNAJAH MRANGGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413018 - yuliana sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Terpadu Darunnajah Mranggen, Kabupaten Demak yang menunjukan bahwa perkembangan bahasa anak terutama kemampuan membaca anak masih perlu diperhatikan. Pengambilan sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang diambil di TK Terpadu Darunnajah Mranggen Demak pada kelompok B usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Pre experimental Design dengan jenis one group pretest posttest design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian dibagi menjadi 14 kali pertemuan (1 kali pretest, 12 kali perlakuan dan dilanjutkan 1 kali posttest). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif statistik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunan komputer aided learning untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Terpadu Darunnajah Mranggen, Kabupaten Demak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) adanya perbedaan kemampuan membaca permulaan secara signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian perlakuan menggunakan komputer aided learning pada anak, yaitu sebesar 14.0%. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yang menunjukan adanya perbedaan pretest dan posttest dengan rata-rata nilai pretest 95.10 dengan standar deviasi 12.745 (43.0%) dan nilai posttest 126.17 dengan standar deviasi 12.750 (57.0%). Menunjukan peningkatan dengan selisih rerata sebesar 31.067 dengan standar deviasi 7.066 (14.0%), (2) Di lihat setelah diberi perlakuan terdapat perbedaan yang muncul pada anak yaitu, terdapat minat anak yang muncul, anak lebih bersemangat dalam membaca permulaan dan membaca katau maupun kalimat sederhana, anak tidak cepat bosan ketika membaca dengan menggunakan komputer, anak lebih aktif, percaya diri untuk membaca per suku kata, membaca kata dan membaca kalimat sederhana dengan tepat dan lancar. Bahwa penggunaan komputer aided learning efektif dengan kategori sedang karena diperoleh nilai gain sebesar 0,52 dengan peningkatan 31.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komputer Aided Learning, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:44
Last Modified: 04 Oct 2021 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47037

Actions (login required)

View Item View Item