MELATIH KEMANDIRIAN ANAK DALAM PEMBIASAAN SEHARI�HARI ANAK DOWN SYNDROME DI TK TALENTA SEMA


Mega Ayu Pradani, 1601413017 (2020) MELATIH KEMANDIRIAN ANAK DALAM PEMBIASAAN SEHARI�HARI ANAK DOWN SYNDROME DI TK TALENTA SEMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413017 - Nur Naningsih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian perlu diajarkan sedini mungkin pada anak terutama anak�anak down syndrome, karena kemandirian merupakan salah satu aspek terpenting yang harus dimiliki setiap anak. Anak down syndrome harus diberi kesempatan untuk bergaul atau hidup di lingkungan yang tidak terbatas (leased restrictive environment). Pembiasaan merupakan proses kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang yang bertujuan untuk membuat individu menjadi terbiasa dalam bersikap, berperilaku dan berpikir sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari proses pembiasaan di sekolah untuk membentuk sikap dan perilaku siswa yang relatif menetap karena dilakukan secara berulang-ulang baik di dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. Penelitian ini mendeskripsikan tentang Melatih Kemandirian Anak dalam Pembiasaan Sehari�Hari Anak Down Syndrome di TK Talenta Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam ini adalah guru TK Talenta Semarang dan orang tua anak down syndrome. Sumber data penelitian ini berupa sumber data primer dan sekunder. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data yang dilakukan yaitu teknik pengumpulan data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa peran orang tua dan guru dalam melatih kemandirian anak down syndrome dalam aspek merawat diri, dan aspek mengurus diri di rumah dan di sekolah, disimpulkan antara lain: merawat, melindungi dan menjaga, mendidik dan melatih, dan menerapkan pola asuh yang sesuai dengan anak. Simpulan penelitian ini adalah keberhasilan melatih kemandirian anak down syndrome bergantung pada peran guru di sekolah dan orang tua di rumah. Saran, hendaknya orang tua dan guru memberikan kesempatan dan perlakuan yang konsiten kepada anak untuk tidak selalu membantu dalam melakukan aktivitasnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Down Syndrome
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:35
Last Modified: 04 Oct 2021 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47034

Actions (login required)

View Item View Item