PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI IPS SMAN 16 SEMARANG


Diah Wibawanti, 3201416026 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI IPS SMAN 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR   KELAS XI  IPS SMAN 16 SEMARANG] PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI IPS SMAN 16 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Wibawanti, Diah. 2020, Pengaruh Penggunaan Media E-learning Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Semarang. Jurusan Geografi FIS UNNES. Pembimbing : Andi Irwan Benardi, S.Pd.,M.Pd. 179 halaman. Kata Kunci : Penggunaan Media E-learning, Quizizz, Hasil Belajar Latar belakang dilakukanya penelitian ini salah satunya adalah penggunaan media e-learning pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 16 Kota Semarang sebelum pandemi belum terlaksana dengan maksimal, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media e-learning berbantuan quizizz terhadap hasil belajar kelas XI IPS SMA Negeri 16 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media e-learning berbantuan quizizz terhadap hasil belajar melalui aplikasi kuis bernama quizizz kelas XI IPS SMA Negeri 16 Semarang, mengukur ada tidaknya pengaruh penggunaan media e-learning berbantuan quizizz terhadap hail belajar kelas XI IPS SMAN 16 Kota Semarang. Jenis penelitian menggunakan true eksperimental design dengan menggunakan bentuk Postest- Only Control Group Design, dengan sampel penelitian kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan angket. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran pretest dan posttest dilakukan uji validitas dengan hasil soal valid berjumlah 16 soal. Uji reliabilitas soal tes sebesar 0,66 sehingga masuk kategori tinggi. Taraf kesukaran soal kriteria mudah berjumlah 10, sedang berjumlah 16, sukar berjumlah 3. Daya beda soal kategori baik berjumlah 12, kategori cukup berjumlah 14, kategori jelek berjumlah 3, kategori sangat jelek berjumlah 1. Sehingga soal yang digunakan dalam pretest dan posttest berjumlah 16 soal. Hasil penelitian menunjukan pada variabel penggunaan media berdasarkan analisis deskriptif presentatif yaitu 84,68% menunjukan kategori sangat tinggi, sedangkan pada variabel penelitian hasil belajar adalah menunjukan uji t pretest dan posttest pada kelas eksperimen Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang menunjukan terdapat pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar, sedangkan uji beda ratarata dari hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol jika thitung > dari t tabel maka di tolak dan diterima yang menunjukan terdapat perbedaan penggunaan media quizizz terhadap hasil belajar yaitu t hitung 5.651 > t tabel 1.666 sehingga hasil dari uji t menunjukan terdapat pengaruh penggunaan media quizizz terhadap hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media aplikasi quizizz terhadap hasil belajar kelas eksperimen, sehingga peneliti memberikan saran kepada sekolah dan guru di antaranya penggunaan media e-learning berbantuan quizizz dapat dikembangkan dan diterapkan dalam mata pelajaran yang lain, dapat dilakukan pelatihan penggunaan media elarning berbantuan quizizz bagi murid dan guru, sekolah dapat menyediakan fasilitas memadai seperti jaringan internet yang baik saat pembelajaran tatap muka sudah berlangsung, diharapkan siswa sudah mempunyai e-mail dan password untuk memudahkan dalam menjawab soal melalui quizizz.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media E-learning, Quizizz, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:25
Last Modified: 04 Oct 2021 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47033

Actions (login required)

View Item View Item