FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER TRUST PADA NASABAH BANK SYARIAH DI KOTA SEMARANG


Mochamad Fikri Ulilalbab, 1511416116 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER TRUST PADA NASABAH BANK SYARIAH DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416116 - Moch. Fikri UlilAlbab.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah nasabah bank konvensional lebih berkembang pesat dibandingkan jumlah nasabah bank syariah di Indonesia. Hal ini menunnjukkan bahwa terdapat perbedaan alasan yang melandasi dalam pemilihan jasa layanan bank oleh nasabah di Indonesia. Beberapa hal yang mempengaruhi hal tersebut yaitu persepsi terhadap bank, sikap dan pemahaman terhadap produk dan sistem perbankan (Patriana & Nurismalatri, 2018). Selain itu, pemilihan jasa layanan bank dipengaruhi oleh faktor dalam diri, salah satunya yaitu trust. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui gambaran faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi customer trust pada nasabah bank syariah di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel berjumlah 182 nasabah bank syariah di Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukanmenggunakan skala customer trust dengan koefisien reliabilitas faktor credibility sebesar 0,872, faktor integrity sebesar 0,872, dan faktor benevolence sebesar 0,922 dari 15 aitem valid masing�masing faktor. Berdasarkan hasil analisis data penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi customer trust pada nasabah bank syariah di Kota Semarang, dapat disimpulkan bahwa Faktor credibility yang mempengaruhi customer trust pada nasabah bank syariah di Kota Semarang memiliki nilai mean empiris sebesar 46,32 yang berada pada kategori tinggi (baik). Faktor integrity yang mempengaruhi customer trust pada nasabah bank syariah di Kota Semarang memiliki nilai mean empiris sebesar 44,78 yang berada pada kategori sedang (cukup baik). Faktor benevolence yang mempengaruhi customer trust pada nasabah bank syariah di Kota Semarang memiliki mean empiris sebesar 47,26 berada pada kategori tinggi (baik).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: customer trust, bank syariah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:03
Last Modified: 04 Oct 2021 06:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47031

Actions (login required)

View Item View Item