HUBUNGAN LONELINESS DENGAN INTERNET ADDICTION PADA PENGGUNA ROLEPLAY TWITTER


Farah Fadilla Berlian Ramadhan, 1511416115 (2020) HUBUNGAN LONELINESS DENGAN INTERNET ADDICTION PADA PENGGUNA ROLEPLAY TWITTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416115 - Dillicious.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengguna roleplay dianggap memiliki dua dunia, dunia pertama adalah dunia nyata atau kehidupan sehari-harinya, dan yang kedua adalah dunia semu atau biasanya para pemain roleplay ini menyebutnya dengan sebutan fake world yang diciptakan dengan bermain roleplayer. Pengguna roleplay membutuhkan internet untuk menyambungkan dirinya ke dunia mayanya roleplayer. Semakin intens pengguna roleplay menggunakan internet untuk melakukan roleplaying maka semakin tinggi pula internet addiction yang dialami indivitu tersebut. Dalam kehidupan dunia mayanya, pengguna roleplay memiliki banyak teman untuk berinteraksi dalam kepalsuan tersebut, namun secara personal dalam dunia nyatanya, belum tentu memiliki itu semua. Banyak dari pengguna roleplay yang mengalami loneliness sehingga mencari pelampiasan dengan menyibukkan diri dengan aktivitas berinternetnya, salah satunya dengan melakukan roleplaying. Hal ini juga menyebabkan beberapa dari pengguna roleplay justru semakin merasakan loneliness karena masuk terlalu jauh ke dalam dunia semunya. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini tidak dapat ditentukan jumlahnya karna perkumpulan ini terbentuk secara tidak resmi, sehingga populasi dalam penelitian ini jumlahnya tidak terhingga. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling yang anggota sampelnya untuk taraf kesalahan 5% adalah sebanyak 349 pengguna roleplay di Twitter. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen skala internet addiction dan loneliness yang masing-masing berisi 20 aitem yang semua itemnya dinyatakan valid dan memiliki nilai koefisien reliabilitas sebesar 0.951 untuk skala internet addiction dan koefisien reliabilitas sebesar 0.945 untuk skala loneliness. Teknik pengujian hipotesis ini menggunakan teknik statistic Rank Spearman. Dari uji hipotesis ini didapatkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.753 dengan signifikansi (p) sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis “terdapat hubungan positif antara loneliness dengan internet addiction pada pengguna roleplay” diterima karena (p) 0.000 < 0.05. Karena koefisien korelasi yang positif, artinya semakin tinggi loneliness yang dirasakan oleh pengguna roleplay maka semakin tinggi pula kecanduan internet yang dialami pengguna roleplay. Begitupun sebaliknya, semakin rendah loneliness yang dirasakan oleh pengguna roleplay, maka semakin rendah pula kecanduan internet yang dialami pengguna roleplay.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: loneliness, internet addiction, roleplayer.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 05:48
Last Modified: 04 Oct 2021 05:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47030

Actions (login required)

View Item View Item