IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MITIGASI BENCANA BANJIR BERBANTU AUDIOVISUAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TINGKAT SIAGA DI SDN MINTOMULYO


Anis Tsania Cahyani, 3201416011 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MITIGASI BENCANA BANJIR BERBANTU AUDIOVISUAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TINGKAT SIAGA DI SDN MINTOMULYO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MITIGASI BENCANA BANJIR BERBANTU AUDIOVISUAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TINGKAT SIAGA DI SDN MINTOMULYO] PDF (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MITIGASI BENCANA BANJIR BERBANTU AUDIOVISUAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TINGKAT SIAGA DI SDN MINTOMULYO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Cahyani, Anis Tsania. 2021. Implementasi Pembelajaran Daring Mitigasi Bencana Banjir Berbantu Audiovisual Pada Kegiatan Ekstrakulikuler pramuka Tingkat Siaga di SDN Mintomulyo. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Ananto Aji, M.S. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Mitigasi Bencana Banjir, Pramuka Siaga Permasalahan bencana banjir yang ada di Kabupaten Pati yang sering terjadi mendorong untuk dilakukannya pendidikan mitigasi bencana sejak dini. Pengetahuan terkait kebencanaan dan kesiapsiagaan perlu disiapkan sejak dini guna memperkecil dampak risiko bencana. Dikarenakan masih dalam masa pandemi ,penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran daring dengan materi mitigasi bencana banjir berbantu audiovisual, serta untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap siaga bencana peserta didik terkait mitigasi bencana banjir beserta kendala penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian pre- eksperimental designs dengan desain one groub pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah anggota Pramuka tingkat Siaga SDN Mintomulyo Kecamatan Juwana. Teknik sampling menggunakan total sampling. Variabel penelitian ini yaitu tingkat pengetahuan dan tingkat sikap. Metode pengumpulan data berupa wawancara, tes, angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan tabel frekuensi dan uji analisis statistik uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring mitigasi bencana banjir dapat membantu meningkatkan tingkat pengetahuan dan sikap siaga siswa peserta Pramuka, terdapat peningkatan nilai indeks rata-rata tabel distribusi frekuensi hasil pre test dan post test dengan persentase 56,48% menjadi 87,04%. Kemudian untuk nilai signifikan dengan uji Wilcoxon memperoleh hasil 0,00<0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran daring mitigasi bencana banjir berbantu audiovisual yang diterapkan pada kegiatan ekstrakulikuler Pramuka tigkat siaga dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan sikap siaga bencana peserta Pramuka tingkat siaga pada saat masa pandemi, kendala yang dihadapi dalam penerapannya adalah kurangnya perhatian dari orangtua dalam membimbing pada saat dilaksanakannya pembelajaran secara daring. Peneliti mengajukan saran agar materi mitigasi bencana diajarkan di SD guna meningkatkan kesiapsiagaan siswa serta perlu adanya kreatifitas dari guru agar pembelajaran lebih menarik, perlu kerjasama dari semua pihak agar pendidikan mitigasi bencana dapat dterapkan di sekolah yang rawan terdampak bencana, dan juga diharapkan orangtua lebih memperhatikan peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, terutama jika pembelajaran berlangsung secara daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Mitigasi Bencana Banjir, Pramuka Siaga
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 05:39
Last Modified: 04 Oct 2021 05:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47025

Actions (login required)

View Item View Item