KAJIAN ESTETIK DAN MAKNA SIMBOLIK DESAIN MOTIF PROFETIK (Penelitian pada Produk Tekstil Motif Profetik Home Industry Family and Friends Batik Raja)


Abigail Gavrila Arief Putri, 2411416028 (2020) KAJIAN ESTETIK DAN MAKNA SIMBOLIK DESAIN MOTIF PROFETIK (Penelitian pada Produk Tekstil Motif Profetik Home Industry Family and Friends Batik Raja). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KAJIAN ESTETIK DAN MAKNA SIMBOLIK DESAIN MOTIF  PROFETIK (Penelitian pada Produk Tekstil Motif Profetik Home Industry  Family and Friends Batik Raja)] PDF (KAJIAN ESTETIK DAN MAKNA SIMBOLIK DESAIN MOTIF PROFETIK (Penelitian pada Produk Tekstil Motif Profetik Home Industry Family and Friends Batik Raja)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini telah marak dijumpai tekstil bermotif yang dapat dinikmati segala usia dari berbagai kalangan seiring kreatifitas desainer Indonesia dan kemajuan ilmu pengetahuan seperti yang dilakukan home industry Family and Friends Batik Raja yakni mengkreasikan corak hias pada kain melalui olah digital dengan penggayaan motif batik tradisional dan simbol-simbol profetik. Tidak seperti produksi tekstil motif printing pada umumnya, selain memperhatikan keindahan desain motif profetik mengandung nilai-nilai religi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan estetika desain motif profetik Family and Friends Batik Raja, dan makna simbolik motif profetik Family and Friends Batik Raja, dengan jenis penelitian kualitatif menggunakan metode kritik desain. Pengumpulan data meliputi teknik observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Data struktur motif dianalisis menurut kajian estetika Thomas Aquinas, kaidah seni, dan prinsip desain. Sedangkan simbol dalam motif dimaknai menurut dasar ayat�ayat Firman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk desain motif profetik produk Family and Friends Batik Raja adalah tekstil dengan rancangan corak hias yang mengandung nilai-nilai spiritual menurut ajaran Kristiani. Estetika desain motif profetik Family and Friends Batik Raja menunjukkan pengolahan unsur rupa titik, garis, dan bidang, dengan bentuk-bentuk ornamental, dekoratif, dan ikonik, menggunakan ukuran yang cenderung kecil-kecil, dengan jarak yang padat, menimbulkan kesan berat di hampir setiap struktur motifnya. Warna yang terdapat pada keseluruhan motif menggunakan jenis warna plakat dengan intensitas yang cenderung tinggi. Pengolahan komposisi rupa desain motif profetik kerap menampilkan kontras unsur yang tajam melalui perbedaan warna, dan proporsi bentuk-bentuk dalam bidang namun emphasis dapat teridentifikasi di setiap motifnya. Melalui repetisi, penggayaan dekoratif, dan irama simetris maka simplicity tercapai, setiap unsur menjadi suatu kesatuan yang tidak dapat ditambah maupun dikurangi. Dengan demikian secara keseluruhan syarat keindahan Thomas Aquinas dapat terpenuhi yakni : a) harmoni, proporsi unsur-unsur tepat, paduan motif selaras; b) integritas, kesatuan unsur rupa saling mendukung, menghasilkan komposisi bobot visual yang utuh; c) menunjukkan kejelasan bentuk dan warna, menghasilkan kesan terang dan baru. 2) Makna simbolik dalam desain motif profetik Family and Friends Batik Raja mengandung nilai-nilai spiritual menurut ajaran Kristiani. Beberapa jenis motif memiliki gabungan makna dengan filosofi populer motif Kawung yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan penerapan budaya Jawa yang sarat akan simbol sejenis dengan budaya masyarakat Timur Tengah tahun 932 sebelum Masehi mengenai seni dan penyimbolan yang menjadi cikal bakal profetik dalam kitab para nabi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Estetik; Simbolik; Desain; Motif; Profetik
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:45
Last Modified: 04 Oct 2021 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47024

Actions (login required)

View Item View Item