PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA LOYALITAS PENGGUNA FINTECH (Layanan Transaksi Online)


Mochamad Shendy Cavilessi, 1511416112 (2020) PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA LOYALITAS PENGGUNA FINTECH (Layanan Transaksi Online). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416112 - Mochamad Shendy Cavilessi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fintech adalah layanan transaksi keuangan yang dikembangkan melalaui teknologi informasi, yang menghasilkan produk, layanan atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh promosi dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas konsumen dalam memanfaatkan layanan transaksi online. Loyalitas adalah preferensi atau kesetiaan konsumen terhadap sebuah layanan. Promosi yaitu upaya dari perusahaan untuk menginformasikan atau menawarkan jasa atau produk yang bertujuan agar konsumen membeli produk tersebut, kepercayaan konsumen yaitu kepercayaan seorang terhadap suatu barang atau jasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah pengguna layanan transaksi online. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 286 pengguna layanan transaksi online. Pengambilan data penelitian menggunakan skala dari loyalitas yang terdiri dari 18 aitem valid, skala promosi 6 aitem valid dan skala kepercayaan konsumen 4 aitem valid. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa H1 mempunyai sign = 0.037 (dimana Sign 0,037< α 0,05) yang berarti terdapat pengaruh positif promosi terhadap loyalitas, kemudian H2 Sign = 0.00 (dimana Sign=0.00< α 0,05) yang berarti terdapat pengaruh positif kepercayaan konsumen terhadap loyalitas. Kemudian kedua variabel independen yaitu promosi dan kepercayaan konsumen terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen loyalitas, dengan angka adjusted R2 sebesar 0,427 yang menunjukan 42,7% variasi loyalitas dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sisanya sebesar 51,3% diterangkan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas, Promosi, Kepercayaan Konsumen, Fintech
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 05:37
Last Modified: 04 Oct 2021 05:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47023

Actions (login required)

View Item View Item