HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL WELL-BEING, KENAKALAN REMAJA DAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA SMA


Mahardika Setiawan, 1511416110 (2020) HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL WELL-BEING, KENAKALAN REMAJA DAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416110 - HRD MITRAGROUP SEMARANG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Dunia pendidikan di Indonesia diwarnai dengan berbagai permasalahan salah satunya prestasi akademik yang rendah. Rendahnya prestasi akademik disebabkan karena guru yang kurang kompeten, biaya pendidikan yang mahal, fasilitas pendidikan yang kurang memadai, dan kurangnya dukungan dari keluarga. Kurangnya dukungan dari keluarga memicu individu mencari bentuk pemuasan kebuituhan lain, misalnya ke pergaulan yang kurang baik. Pergaulan yang kurang baik menjadi pemicu munculnya kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Selain itu, kurangnya dukungan dari keluarga menyebabkan individu kurang perhatian dan kasih sayang, sehingga individu tidak sejahtera secara psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketiga variabel yaitu psychological well-being, kenakalan remaja dan prestasi akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Peneliti menggunakan skala psychological well-being scale adaptasi dari Dr. Carol Ryff untuk mengukur tingkat psychological well-being, skala frekuensi kenakalan remaja yang diambil intisarinya berdasarkan konstruk teori kenakalan remaja oleh Jensen dan Sunarwiyati. Sedangkan untuk mengukur tingkat prestasi akademik digunakanlah nilai rapor masing-masing siswa. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMA Negeri 16 Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 155 responden. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment untuk masing-masing skala. Item dinyatakan valid jika indeks korelasi ≥ 0,3 dan dinyatakan reliabel jika indeks reliabilitas > 0,8. Pada skala psychological well-being, terdapat 12 item gugur sehingga tersisa 30 item valid dengan indeks reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,865, sedangkan untuk skala kenakalan remaja terdapat enam item gugur dan tersisa 11 item valid, dengan indeks reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,508. Semua data diolah menggunakan bantuan program pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara psychological well-being dan kenakalan remaja dengan nilai korelasi sebesar 0,191 dan nilai signifikansi sebesar 0,017 (signifikansi < 0,05), sedangkan baik antara psychological well-being dan prestasi akademik maupun kenakalan remaja dan prestasi akademik tidak memiliki hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Psychological Well-Being, Well-Being, Kenakalan Remaja, Prestasi Akademik, Remaja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:26
Last Modified: 04 Oct 2021 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47018

Actions (login required)

View Item View Item