GAMBARAN PREDISPOSISI KEPRIBADIAN, REPUTASI & STEREOTYPE, PENGALAMAN AKTUAL, ORIENTASI PSIKOLOGIS ANAK PANTI ASUHAN DI KOTA SEMARANG


Cinthia Debby Octaviani, 1511416102 (2021) GAMBARAN PREDISPOSISI KEPRIBADIAN, REPUTASI & STEREOTYPE, PENGALAMAN AKTUAL, ORIENTASI PSIKOLOGIS ANAK PANTI ASUHAN DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416102 - Cinthia Debby.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel pada penelitian kali ini berjumlah 100 anak panti asuhan yang ada di Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian kali ini adalah analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala Predisposisi Kepribadian, Reputasi dan Stereotype, Pengalaman Aktual, dan Orientasi Psikologis dengan koefisine reliabilitas pada Predisposisi Kepribadian sebesar 0.673, Reputasi dan Strerotip sebesar 0,435, Pengalaman Aktual sebesar 0,645 dan Orientasi Psikologis sebesar 0,730 dengan aitem berjumlah 28 dan valid di masing-masing variabel. Berdasarkan analisis data penelitian mengenai gambaran Predisposisi Kepribadian, Reputasi dan Stereotype, Pengalaman Aktual, dan Orientasi Psikologis anak panti asuhan terhadap pengasuhnya di Kota Semarang, dapat disimpulkan bahwa pada pengalaman aktual anak-anak panti asuhan memiliki pengalaman yang menyenangkan sehingga mereka dapat percaya dengan pengasuhnya sesuai dengan pengalaman yang telah mereka alami, lalu reputasi dan stereotype yang berarti bahwa anak-anak memiliki gambaran yang sesuai dengan ekspetasi mereka berdasar pengalaman orang lain sehingga dari situlah mereka mengetahui bahwa pengasuh adalah sosok yang dapat dipercaya. Selanjutnya pada orientasi psikologis, anak-anak sudah merasa bahwa mereka telah menemukan sosok pengasuh yang dapat dipercaya dan pengasuh tersebut sesuai dengan jiwa mereka. Lalu pada predisposisi kepribadian, anak-anak panti asuhan telah cukup mengembangkan rasa percaya mereka terhadap orang lain, sehingga dapat dilihat jika mereka bisa percaya dengan pengasuhnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Panti Asuhan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:12
Last Modified: 04 Oct 2021 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47014

Actions (login required)

View Item View Item