HUBUNGAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE


Farchanah Fiddaroin, 1511416083 (2021) HUBUNGAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416083 - FARCHANAH FIDDAROIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Belanja menjadi salah satu cara individu untuk memenuhi kebutuhan. Seiring perkembangan teknologi, belanja dapat dilakukan secara online. Berdasarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) survei yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa sebanyak 93,1% atau 123,5 juta penduduk Indonesia menggunakan internet untuk keperluan komersial. Ini bukanlah masalah untuk individu yang dapat mengatur keuangannya dengan baik. Pada saat tidak dapat mengontrol pembelian, individu akan melakukan pembelian tanpa perencanaan atau seringkali disebut impulsive buying. Tingkat impulsive buying pada setiap individu berbeda-beda, salah satu terkait oleh kepribadian individu yang mempengaruhi terjadinya impulsive buying. Individu yang mudah terpengaruh dengan adanya pengaruh dari luar seperti promosi, dan pengaruh orang lain seringkali dikaitkan dengan external locus of control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara external locus of control dengan impulsive buying pada mahasiswa pengguna Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, sampel dalam penelitian ini berjumlah 203 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala impulsive buying yang berisi 18 aitem dengan koefisien reliabilitas α = 0,915 dan skala external locus of control yang berisi 46 aitem dengan koefisien reliabilitas α = 0,905. Hasil penelitian menunjukkan bahwa external locus of control berada pada kategori sedang dan impulsive buying berada pada kategori sedang. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment yang menghasilkan nilai rho sebesar 0,544 dengan nilai signifikansi 0,000. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi ada hubungan external locus of control dengan impulsive buying pada mahasiswa pengguna Shopee diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: external locus of control, impulsive buying, mahasiswa pengguna Shopee
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:05
Last Modified: 04 Oct 2021 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47012

Actions (login required)

View Item View Item