HUBUNGAN ANTARA PET ATTACHMENT DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA


MARLIA DEWI SARTIKA, 1511416078 (2021) HUBUNGAN ANTARA PET ATTACHMENT DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416078 - Marlia Dewi Sartika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam memperoleh gelar sarjananya, mahasiswa akan melewati berbagai permasalahan. Banyaknya tugas yang harus diselesaikan ini dapat memicu stres akademik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat stres akademik adalah dengan membentuk kelekatan dengan hewan peliharaannya (pet attachment). Individu akan mendapatkan dukungan sosial dengan melakukan pet attachment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara stres akademik dengan pet attachment. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 256 mahasiswa yang memelihara hewan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan skala LAPS yang terdiri dari 23 aitem dan skala stres akademik yang teridi dari 50 aitem. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang memelihara hewan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tidak ada hubungan antara pet attachment dengan stres akademik pada mahasiswa, hal ini ditunjukkan melalui hasil analisis data dengan menggunakan teknik Rank Spearman, koefisien korelasi sebesar 0,107 dan nilai signifikansi sebesar 0,087 (p>0,05).1). Stres akademik pada mahasiswa yang memelihara hewan termasuk dalam kategori sedang sedangkan pet attachment pada mahasiswa yang memelihara hewan berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pet attachment, stres akademik, mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:38
Last Modified: 04 Oct 2021 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47010

Actions (login required)

View Item View Item