KAJIAN KARAKTERISTIK FISIK DAS BODRI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS FILM DOKUMENTER


Latifatul Mahmudah, 3201413120 (2020) KAJIAN KARAKTERISTIK FISIK DAS BODRI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS FILM DOKUMENTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of KAJIAN KARAKTERISTIK FISIK DAS BODRI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS FILM DOKUMENTER] PDF (KAJIAN KARAKTERISTIK FISIK DAS BODRI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS FILM DOKUMENTER) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mahmudah, Latifatul. 2020. Kajian Karakteristik Fisik DAS Bodri sebagai Media Pembelajaran Geografi Berbasis Film Dokumenter. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Juhadi, M.Si., dan Ariyani Indrayati, S.Si., M.Sc. 112 Halaman. Kata Kunci: Film Dokumenter, Daerah Aliran Sungai, Media Pembelajaran. Permasalahan mengenai materi Daerah Aliran Sungai (DAS) pada mata pelajaran geografi, karena media yang digunakan dalam pembelajaran berupa power point dan peta-peta tentang DAS, namun belum ada media interaktif yang secara khusus dengan contoh kongkrit untuk menjelaskan tentang DAS. Setiap tahun akibat kerusakan lahan di Hulu DAS Bodri telah mengakibatkan banjir di wilayah Kabupaten Kendal, sehingga sangat mengganggu perekonomian masyarakat karena banjir yang terjadi setiap tahunnya. Dengan demikian DAS Bodri perlu dikaji karakteristik fisiknya agar fungsi DAS tetap lestari dan berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui karakteristik fisik DAS Bodri 2). Membuat media pembelajaran berbasis film dokumenter tentang karakteristik fisik DAS Bodri 3). Mengetahui tingkat kelayakan film dokumenter kajian karakteristik fisik DAS Bodri sebagai media pembelajaran Geografi SMA. Penelitian ini dilakukan melalui tiga bagian yaitu penulis mengetahui karakteristik fisik DAS Bodri dengan cara observasi ke BP DAS Pemali Jratun untuk memperoleh data tentang karakteristik DAS Bodri, turun kelapangan untuk mengambil gambar sebagai bahan pembuatan film dokumenter, menyusun Film Dokumenter karakteristik fisik DAS Bodri dengan menggunkan aplikasi Adobe Premier Pro CC 2015 dan pembuatan Cover DVD dengan menggunakan adobe Photoshop CS 3. Mengetahui kelayakan film dokumenter kajian karakteristik fisik DAS Bodri sebagai media pembelajaran Geografi untuk SMA yang di validasi oleh ahli materi dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DAS Bodri mempunyai tingkat kecepatan mengering yang sedang, kondisi sungai relatif kurang stabil (terjadi banjir dimusim hujan dan musim kemarau air tetap tersedia/mengalir tapi tapi menyusut sangat tajam), besarnya air limpasan sedang, jenis tanah sebagian wilayahnya adalah tanah Latosol. Hasil penilaian kelayakan menunjukkan bahwa film dokumenter karakteristik fisik DAS Bodri sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Geografi SMA. Saran penelitian ini adalah perlu pengembangan dalam kualitas film, pemilihan backsound, kesesuaian audio dengan video yang ditampilkan dan durasi film disesuaikan dengan jam pelajaran geografi di SMA sehingga media pembelajaran film dokumenter tentang karakteristik fisik DAS Bodri ini dapat lebih sempurna sebagai media pembelajan Geografi SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Film Dokumenter, Daerah Aliran Sungai, Media Pembelajaran.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 08:08
Last Modified: 30 Sep 2021 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46997

Actions (login required)

View Item View Item