PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP CAREER DECISION MAKING SELF EFFICACY PADA MAHASISWA UNNES YANG MENGALAMI QUARTER-LIFE CRISIS


Umi Nuraini, 1511416039 (2020) PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP CAREER DECISION MAKING SELF EFFICACY PADA MAHASISWA UNNES YANG MENGALAMI QUARTER-LIFE CRISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416039 - Umi Nur Aini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada masa dewasa awal, individu akan mengalami fase ketidakstabilan yang menyebabkan krisis emosional disebut dengan quarter life crisis. Individu yang sedang mengalami quarter-life crisis akan memiliki ketakutan dalam beberapa area permasalahan salah satunya adalah karir yang biasa dialami saat usia 18-29 tahun. Hal tersebut terjadi dikarenakan individu yang baru saja meninggalkan rasa “nyaman” yang ia peroleh dan harus menghadapi realita kehidupan (robbins dan wilner dalam agustin, 2012:2). Karir sangat penting dalam menunjang kehidupan individu sehingga setiap orang harus memiliki pertimbangan yang matang dalam mengambil keputusan karir. Career decision making self efficacy/CDMSE dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu dukungan keluarga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap CDMSE pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang mengalami quarter life crisis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 191 mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang mengalami quarter life crisis dengan teknik sampling menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana. Hasil olah data menunjukkan nilai R square sebesar 0,239 dengan signifikansi 0,000 < α 0,05. Berdasarkan hasil tersebut diketahui sumbangan dukungan keluarga terhadap CDMSE sebesar 24%. Kesimpulannya, hipotesis yang berbunyi ada pengaruh dukungan keluarga terhadap CDMSE pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang mengalami quarter life crisis dinyatakan terbukti. Adapun gambaran umum CDMSE dan dukungan keluarga pada penelitian ini berada pada kategori sedang. Sedangkan quarter life crisis yang dialami mahasiswa berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang mengungkapkan adanya CDMSE, maka peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian psikometrik mengenai validasi alat ukur pada kedua variabel tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: dukungan keluarga, CDMSE, quarter life crisis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 08:07
Last Modified: 30 Sep 2021 08:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46996

Actions (login required)

View Item View Item