RESPONS MAHASISWA TERHADAP VIRTUAL DISPLAY OF AFFECTION YANG DILAKUKAN REMAJA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT


Alimmatul Khasanah, 1511416021 (2020) RESPONS MAHASISWA TERHADAP VIRTUAL DISPLAY OF AFFECTION YANG DILAKUKAN REMAJA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416021 - Alimmatul Khasanah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pada masa remaja meliputi banyak hal, salah satunya adalah berpacaran dan menjalin relasi romantis. Pasangan yang menjalin hubungan romantis atau pacaran seringkali melibatkan keintiman yang lebih intensif dan mendalam, dan tidak jarang mereka menunjukkan keintiman di sosial media, aktivitas tersebut disebut dengan Virtual Display of Affection (VDA). Respons publik terhadap VDA berbeda-beda dikarenakan pribadi yang berbeda akan memunculkan respons yang berbeda pula dalam menanggapi suatu stimulus. Antara individu dengan tipe kepribadian extrovert dan introvert teradapat perbedaan dalam memberikan respons atau reaksi terhadap lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran respons mahasiswa terhadap VDA yang dilakukan oleh remaja ditinjau berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan introvert. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Sampel dalam penelitianberjumlah 235 mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang dengan teknik sampling menggunakan sampel random sederhana. Data diperoleh melalui survei semi terbuka untuk respons terhadap VDA dan skala adaptasi Introvert-Extrovert Personality Inventory (IPEI) terdiri dari 10 item skala extrovert valid dengan r = 0,383-0,864 dan 10 item skala introvert dengan r = 0,270-0,900 dengan reliabilitas sebesar 0,919 pada skala extrovert dan 0,912 pada skala introvert. Data yang diperoleh dari respons terhadap VDA selanjutnya dilakukan koding, pengelompokan, dan kategorisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik mahasiswa dengan tipe kepribadian extrovert maupun introvert mayoritas memberikan respons afektif dan kognitif berupa repons negatif, sedangkan pada respons konatif mayoritas memberikan respons netral.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Virtual Display of Affection, Respons, Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:59
Last Modified: 30 Sep 2021 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46993

Actions (login required)

View Item View Item