PERSEPSI DAN SIKAP WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA JEPARA OURLAND PARK (JOP) KABUPATEN JEPARA


Fatkhiyah Hapsari, 3201413104 (2020) PERSEPSI DAN SIKAP WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA JEPARA OURLAND PARK (JOP) KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PERSEPSI DAN SIKAP WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA JEPARA OURLAND PARK (JOP)  KABUPATEN JEPARA] PDF (PERSEPSI DAN SIKAP WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA JEPARA OURLAND PARK (JOP) KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Hapsari, Fatkhiyah. 2020. Persepsi dan Sikap Wisatawan terhadap Objek Wisata Jepara Ourland Park (JOP) Kabupaten Jepara. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Moch.Arifien, M.Si., Wahyu Setyaningsih, S.T., M.T. 128 halaman. Kata Kunci: Persepsi dan Sikap Wisatawan, Daya tarik wisata, Obyek wisata Jepara Ourland Park (JOP) Daya tarik destinasi wisata harus dikembangkan agar mampu menarik wisatawan untuk berkunjung dan memberikan kontribusi terhadap PDB Nasional. Kabupaten Jepara memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata. Letak geografis dan sumber daya pantai yang potensial menjadikan Jepara patut untuk menonjolkan wisata bahari. Obyek wisata Jepara Ourland Park (JOP) merupakan obyek wisata bahari di Kabupaten jepara yang diresmikan gubernur Jawa Tengah sebagai wisata bahari terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah. Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata didasarkan pada berbagai pertimbangan, namun faktor paling essensial yang mempengaruhi adalah persepsi wisatawan tentang hubungan antara karakteristik destinasi dan kebutuhan akan pemenuhan hasratnya untuk berwisata (Pitana dan Diarta : 2009 : 39). Menurut Wolberg (1967) dalam Kawung et,al,. (2016) Manusia sebagai makhluk social sekaligus makhluk individual memiliki perbedaan yang menyebabkan seseorang menyenangi suatu obyek, sedangkan orang lain tidak. Hal ini sangat tergantung dengan persepsi yang akan menentukan sikap dan penyesuaiannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi dan sikap wisatawan terhadap daya tarik Obyek wisata bahari Jepara Ourland Park (JOP) di Kabupaten Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Jepara Orland Park (JOP) pada triwulan I (Januari-Maret) Tahun 2019. Teknik sampling menggunakan teknik accidental sampling dengan responden 125 orang. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dengan pendekatan kuantitatif menggunakan skala likert 5 tingkat. Hasil analisis persepsi didapatkan bahwa semua aspek dalam kategori baik. Aspek atraksi sebesar 79%, aksesbilitas sebesar 73,65%, amenitas yaitu 77,10%, serta layanan kualitas sebesar 77,95%. Selain itu, sikap wisatawan juga dalam kategori baik dengan persentase sebesar 74,10%. Sikap ini dinilai melalui aspek citra JOP, kesesuaian sebagai wisata bahari, kesesuaian harga, kesesuaian wisata pendidikan, kepuasan wisatawan, serta transfer nilai dan informasi. Saran, perlu penelitian lebih lanjut terkait sikap wisatawan terhadap lingkungan dengan angket terbuka. Saran untuk pengelola, perlu ditambah wahana wisata edukasi untuk pendidikan dan atraksi wisata tambahan untuk menonjolkan wisata baharinya. Selain itu, perlu perbaikan aksesbilitas bidang infrastruktur jaringan jalan dan transportasi umum menuju obyek wisata JOP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi dan Sikap Wisatawan, Daya tarik wisata, Obyek wisata Jepara Ourland Park (JOP)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:58
Last Modified: 30 Sep 2021 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46992

Actions (login required)

View Item View Item