EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS


Dwi Anugrah Goldy Gustomo, 3201413099 (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI  PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS] PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Anugrah, Dwi. 2020.Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi pada Materi Dinamika Kependudukan Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Pembimbing Dr. Juhadi, M.Si dan Drs. Moch. Arifien, M.Si Kata Kunci : Efektivitas, Media Pembelajaran Guru harus mampu mengembangkan pembelajaran dengan beragam latar belakang, kemampuan, pemahaman, minat, serta motivasi belajar peserta didik. Guru juga harus mampu membuat suasana pembelajaran tidak monoton dan membosankan, salah satu contohnya pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dan media peraga yang mendukung suasana pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran dan media peraga yang digunakan di kelas XI IPS SMA N 1 Gubug masih belum maksimal. Pembelajaran cenderung dilakukan dengan media pembelajaran dan media peraga dengan seadanya saja. Pembelajaran pada materi dinamika kependudukan kurang memanfaatkan media sebagai sumber belajar yang lebih efektif. Diperlukan media pembelajaran yang mampu membuat siswa merasa tertarik dalam mengikuti pembelajaran di kelas, salah satunya media berbentuk audio visual yaitu video animasi. Video animasi adalah sebuah gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media video animasi pada materi dinamika kependudukan di Indonesia kelas XI IPS SMA N 1 Gubug Kabupaten Grobogan. Efektivitas dalam penelitian ini mengambil empat indikator yaitu 1)ketuntasan hasil belajar formatif siswa 2)ketercapaian aktivitas belajar siswa 3)respon/tanggapan positif siswa 4)kemampuan guru mengeloa pembelajaran. Desain peneitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan model pretest and post-test group. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 78% sehingga masuk dalam kriteria efektif. Aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 66,67% masuk dalam kategori tinggi. Respon/tanggapan siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 61,11% masuk dalam kategori baik. Sedangkan kemampuan guru mengelola pembelajaran mencapai 76% dan masuk dalam kategori baik. Pembelajaran geografi menggunakan media video animasi pada materi dinamika kependudukan di Indonesia sudah efektif karena semua variabel sudah terpenuhi. Saran penelitian ini adalah guru dapat mempertimbangkan penggunaan media video animasi guna mengoptimalkan hasil belajar siswa, sehingga bisa diterapkan pada materi pembelajaran geografi lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:52
Last Modified: 30 Sep 2021 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46991

Actions (login required)

View Item View Item