HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI DENGAN POLITICAL TRUST PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Indah Puspitaningrum, 1511416007 (2020) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI DENGAN POLITICAL TRUST PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416007 - indah pita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Survei Indonesia merilis hasil survei mengenai kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemerintah yang menunjukan bahwa DPR mendapatkan 40% kepercayaan sedangkan KPK mendapatkan 72% dan Presiden Jokowi 71% kepercayaan masyarakat. Founding Fathers House menjelaskan Partai Politik mendapatkan 29% kepercayaan masyarakat dan 60% ketidakpercayaan masyarakat. Banyak demostrasi yang dilakukan oleh berbagai kalangan terutama mahasiswa serta masih tingginya golongan putih dalam pemilihan umum menunjukan bahwa adanya indikasi ketidakpercayaan politik yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian kuantiatif. Populasi penelian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang dengan sampel 350 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Data skala penelitian menghasilkan aitem valid sebesar 39 aitem skala persepsi terhadap anggota DPR dan 33 aitem skala political trust dengan nilai reliabilitas sebesar 0,935 dan 0,878 untuk tiap-tiap variabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi terhadap anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dengan political trust pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Gambaran mengenai political trust pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang berada dalam kategori seeding serta gambaran persepsi terhadap anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI berada dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Politik, Persepsi, Mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:45
Last Modified: 30 Sep 2021 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46988

Actions (login required)

View Item View Item