PEMANFAATAN DATA DEMOGRAFI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII SMP N 1 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PEKALONGAN


Widyaningtyas Kusuma Mawarni, 3201413038 (2020) PEMANFAATAN DATA DEMOGRAFI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII SMP N 1 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN DATA DEMOGRAFI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII SMP N 1 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PEKALONGAN] PDF (PEMANFAATAN DATA DEMOGRAFI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII SMP N 1 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PEKALONGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kusuma Mawarni. Widyaningtyas. 2020. Pemamfaatan Data Demografi Sebagai Sumber Belajar IPS Kelas VII SMP N 1 Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.Pembimbing Drs. Saptono Putro, M.Si dan Dr. Tjahturahono Budi Sanjoto, M.Si. Halaman 71. Kata Kunci : Data Demografi, Sumber Belajar Data Demografi dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS bagi siswa Tujuan penelitian: 1) Mengetahui aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanganyar dalam pembelajaran IPS materi jumlah, sebaran dan komposisi penduduk yang menggunakan data demografi sebagai sumber belajar; 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karanganyar. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif .Populasi penelitian siswa kelas 7 SMP 1 Karanganyar yang berjumlah 256 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yakni yang dijadikan sampel adalah siswa kelas 7 A dan 7 E masing-masing berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase dan uji Gain. Hasil penelitian: 1) kelas VIIA lebih aktif dibandingkan dengan kelas VIIE dari segi mendengarkan penyampaian materi dari guru dan siswa serta lebih sering menanggapi ketika siswa lain presentasika 2) Hasil belajar siswa dengan pemanfaatan data demografi sebagai sumber belajar di kelas VIIA Memiliki nilai gain 0,67 berarti memiliki peningkatan nilai yang berkriteria sedang. Sedangkan kelas VIIE Memiliki nilai gain 0,28 yaitu berarti memiliki peningkatan nilai yang berkriteria rendah. analisis keaktifan dan hasil belajar maka data demografi sebagai sumber belajar IPS kelas VII SMPN 1 Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongandapat di gunakansebagaivariasibelajar yang menyenangakan, menambahvariasisumberbelajarkepadasiswasehinggapembelajarandapatlebihefektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Data Demografi, Sumber Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:41
Last Modified: 30 Sep 2021 07:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46987

Actions (login required)

View Item View Item