EFIKASI GURU SLB MENGAJAR PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN, PENGALAMAN PELATIHAN DAN LAMA MENGAJAR DI KOTA SEMARANG


Warotsatus Sholihah, 1511416004 (2020) EFIKASI GURU SLB MENGAJAR PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN, PENGALAMAN PELATIHAN DAN LAMA MENGAJAR DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416004 - Warotsatus Sholihah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memiliki potensi yang lebih besar untuk mengalami Kekerasan Seksual pada Anak (KSA) dibandingkan anak normal. Guru merupakan pihak yang turut bertanggungjawab untuk melindungi ABK dari KSA. Dibutuhkan efikasi yang tinggi dalam mengajar pencegahan KSA pada ABK mengingat keterbatasan fisik dan mental yang dimiliki. Terdapat hasil yang berbeda mengenai hasil pelatihan efikasi dalam mengajar pencegahan KSA, oleh sebab itu perlu diteliti faktor yang berkaitan. Faktor-faktor tersebut yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis kelamin, pengalaman pelatihan dan lama mengajar guru. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan efikasi guru SLB dalam mengajar pencegahan KSA ditinjau dari jenis kelamin, pengalaman pelatihan dan lama mengajar guru. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif komparasi. Subjek terdiri dari 51 guru laki-laki dan 76 guru perempuan. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Data diambil menggunakan skala efikasi guru SLB dalam mengajar pencegahan kekerasan seksual yang terdiri dari 35 aitem valid dengan koefisien validitas berkisar antara 0,5-1, koefisien reliabilitas sebesar 0,960 serta daya beda aitem berkisar antara 0,453 hingga 0,885. Metode analisis yang digunakan adalah uji Independent sample t-test dan One-Way Anova. Hasil olah data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,104 di mana p>0,05 untuk jenis kelamin; 0,736 di mana p>0,05 untuk pengalaman pelatihan dan 0,590 di mana p>0,05 untuk lama mengajar. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis yang menyatakan “ada perbedaan yang signifikan efikasi guru SLB dalam mencegah kekerasan seksual ditinjau dari jenis kelamin, pengalaman pelatihan dan lama mengajar” ditolak

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi guru SLB, Kekerasan Seksual, Jenis Kelamin, Pengalaman Pelatihan, Lama Mengajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:39
Last Modified: 30 Sep 2021 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46986

Actions (login required)

View Item View Item