PENGARUH ORIENTASI SPIRITUAL ISLAMI TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DURROTU AHLUSSUNNAH WALJAMAAH


Meyes Isnatul Laily, 1511415048 (2020) PENGARUH ORIENTASI SPIRITUAL ISLAMI TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DURROTU AHLUSSUNNAH WALJAMAAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511415048.pdf - Meyes Isnatul.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya student engagement pada santri pondok pesantren mengakibatkan kegagalan dalam mencapai hasil belajar yang optimal..keterlibatan santri dalam hal akademik maupun non akademik harus dimiliki santri agar tujuan masuk pesantren terpenuhi yaitu mempunyai ilmu yang nantinya dapat di aplikasikan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Orientasi spiritual islami merupakan hal yang mendasari dalam menentukan sikap ataupun perilaku yang sesuai dalam keagamaan, orientasi spiritual islami yang rendah akan berdampak pada lemahnya perilaku santri yang berkaitan dengan ibadah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh orientasi Spiritual Islami terhadap Student Engagement. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah santri pondok pesantren Durrotu Ahlussunnah waljamaah. Jumlah sampel penelitian 110 dengan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data diambil menggunakan skala student engagement dan skala orientasi spiritual islami. Skala student engagement dinyatakan valid 26 item koefisien validitas berkisar 0,314 sampai 0,680,serta koefisien reliabilitas 0,876 dan skala orientasi spiritual islami dinyatakan valid pada 30 item yang memiliki koefisien validitas berkisar 0,330 sampai 0,746. serta koefisien reliabilitas 0,910. Hasil uji validitas menggunakan korelasi product moment. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan adanya bahwa orientasi spiritual islami berpengaruh terhadap student engagement pada santri pondok pesantren Durrotu Ahlussunnah Waljamaah. Koefisien determinasi atau R2 menunjukan nilai sebesar 0,359 yang berarti variabel orientasi spiritual islami memiliki pengaruh sebesar 35,9% terhadap student engagement. Secara umum orientasi spiritual islami santi dalam kategori tinggi dan student engagement berada dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Spiritual Islami, Student Engagement
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:33
Last Modified: 30 Sep 2021 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46985

Actions (login required)

View Item View Item