TINGKAT PENGETAHUAN, KENDALA, DAN KETERAMPILAN DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI VISUALISASI INFORMASI GEOSPASIAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Eko Purnomo, 3201413078 (2020) TINGKAT PENGETAHUAN, KENDALA, DAN KETERAMPILAN DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI VISUALISASI INFORMASI GEOSPASIAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of TINGKAT PENGETAHUAN, KENDALA, DAN KETERAMPILAN DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI VISUALISASI INFORMASI GEOSPASIAL  PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (TINGKAT PENGETAHUAN, KENDALA, DAN KETERAMPILAN DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI VISUALISASI INFORMASI GEOSPASIAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Eko Purnomo. 2020. Tingkat Pengetahuan, Kendala Dan Keterampilan Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Geografi Visualisasi Informasi Geospasial Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Dr. Juhadi, M.Si. Dr. Puji Hardati, M.Si. Kata kunci: sistem informasi geografi, visualisasi informasi geospasial, media pembelajaran Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sistem yang mampu mengakomodasi data spasial yang bergeoreferensi dengan data atribut menjadi sebuah visualisasi yang mampu memberikan analisis keruangan, dengan berbagai kelebihannya diharapkan mampu memberi manfaat bagi dunia pendidikan. Di bidang pendidikan, peran data dan informasi spasial menjadi semakin penting untuk menunjang pendidikan sebagai media visualisasi keruangan khususnya pada proses pembelajaran geografi sebagai media visualisasi informasi geospasial namun masih rendah pemanfaatanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengetahuan, kendala, dan keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran geografi visualisasi informasi geospasial pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan survei. Sampel penelitian terdiri atas 80 responden pada mahasiswa pendidikan geografi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 dengan teknik sampel jenuh (sensus). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas teknik analisis deskriptif persentase dan pengumpulan data dengan kuisioner online. Hasil penelitian menujukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang memiliki tingkat pengetahuan pada kategori tinggi dengan nilai statistik rata-rata skor sebesar 92,98, kendala visualisasi informasi geospasial pada kategori sedang dengan nilai statistik rata-rata skor sebesar 58,77, serta tingkat dan keterampilan visualisasi informasi geospasial pada kategori tinggi dengan nilai statistik rata-rata skor 42,77. Pengetahuan dan keterampilan mahasiswa harus didukung dengan pelatihan serta dukungan ketersediaan perangkat keras dan lunak untuk kegiatan akademik mahasiswa untuk menekan kendala yang dihadapi mahasiswa. Peneliti mengajukan saran agar UNNES dan jurusan geografi dapat menyediakan akses perangkat lunak dan komputer baik untuk praktikum dan diluar kelas praktikum serta pelatihan secara berkala SIG oleh Jurusan Geografi UNNES. Diperlukan dukungan lisensi kepada mahasiswa dalam menggunakan perangkat lunak SIG agar lebih berkembang pemaanfaatan ArcGIS platform dan mengurangi pembajakan perangkat lunak serta mengenalkan perangkat lunak SIG terbuka (Open Source) sebagai alternatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi geografi, visualisasi informasi geospasial, media pembelajaran
Subjects: L Education > Special Education
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:35
Last Modified: 30 Sep 2021 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46983

Actions (login required)

View Item View Item