MOTIVASI DAN KESADARAN HIDUP SEHAT MASYARAKAT UNTUK BEROLAHRAGA PADA MASA NEW NORMAL DI KOTA SEMARANG


Novi Ayu Waskitayanti, 6102416040 (2020) MOTIVASI DAN KESADARAN HIDUP SEHAT MASYARAKAT UNTUK BEROLAHRAGA PADA MASA NEW NORMAL DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MOTIVASI DAN KESADARAN HIDUP SEHAT MASYARAKAT UNTUK BEROLAHRAGA PADA MASA NEW NORMAL DI KOTA SEMARANG] PDF (MOTIVASI DAN KESADARAN HIDUP SEHAT MASYARAKAT UNTUK BEROLAHRAGA PADA MASA NEW NORMAL DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan kesadaran hidup sehat masyarakat untuk berolahraga pada masa new normal di Kota Semarang. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang yang melakukan aktivitas olahraga pada masa new normal di kawasan Simpang Lima, Tri Lomba Juang, dan lingkungan rumah peneliti. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi masyarakat untuk berolahraga pada masa new normal di Kota Semarang dengan skor persentase 84,8%. Hal ini dapat terlihat pada tabulasi data bahwa skor rata-rata aspek kebutuhan fisiologis adalah 83,5%, sebanyak 79,6% memilih faktor waktu berolahraga, sebanyak 84,6% memilih aktivitas olahraga, sebanyak 90% memilih lingkungan dan cuaca. Skor ratarata aspek kebutuhan akan rasa aman adalah 87,3%, sebanyak 85,5% memilih faktor mendapat keselamatan, sebanyak 87,9% memilih faktor merasa terjamin akan kesehatan. Skor rata-rata aspek kebutuhan sosial adalah 82,2%, sebanyak 86% memilih faktor mendapat teman baru, sebanyak 86,2% memilih faktor keinginan berolahraga, sebanyak 83,5% memilih faktor kebutuhan sosial media. Skor rata-rata aspek kebutuhan penghargaan adalah 84%, sebanyak 82,7% memilih faktor memperbaiki keterampilan, sebanyak 84,6% memilih faktor mendapat kesuksesan. Skor rata-rata aspek kebutuhan aktualisasi diri adalah 84,8%, sebanyak 82,2% memilih faktor mengembangkan aktivitas olahraga, sebanyak 84,5% memilih faktor target olahraga. Untuk kesadaran hidup sehat masyarakat dalam berolahraga pada masa new normal di Kota Semarang dengan skor persentase adalah 89% dengan tabulasi data bawah skor rata-rata menjaga kebugaran dan imunitas tubuh adalah 100%. Skor rata-rata menjaga kebersihan adalah 89,7%, sebanyak 90,7% memilih faktor sesuai protokol kesehatan, sebanyak 89,5% memilih faktor kebersihan tubuh dan lingkungan. Skor rata-rata makan-makanan yang bergizi adalah 88,8%. Skor rata-rata istirahat atau tidur adalah 86,6%. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang pada masa new normal memiliki motivasi berolahraga yang sangat tinggi dengan persentase 84,8% dan kesadaran hidup sehat yang sangat tinggi pula dengan persentase 89%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kesadaran Hidup Sehat, Olahraga Pada Masa New Normal
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:22
Last Modified: 30 Sep 2021 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46981

Actions (login required)

View Item View Item