HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA N 12 SEMARANG (Studi Korelasi Pada Sekolah yang Menerapkan Sistem Full Day School)


Nur Kholishoh, 1511414064 (2020) HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN STRES AKADEMIK PADA SISWA SMA N 12 SEMARANG (Studi Korelasi Pada Sekolah yang Menerapkan Sistem Full Day School). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511414064.pdf - Nur Kholishoh.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Stres merupakan hal yang wajar dialami pada kehidupan manusia, stres timbul karena adanya stressor yaitu sumber stres. Sumber stres yang terjadi dilingkungan sekolah biasanya disebut dengan stres akademik. Stres akademik merupakan ketegangan fisik, mental, dan emosional yang bersumber dari kegiatan belajar di sekolah yang dipersepsikan siswa sebagai beban yang melebihi batas kemampuannya. Pada tingkat stres yang berat, orang bisa menjadi depresi, kehilangan percaya diri dan harga diri. Namun, melalui pengolahan stressor yang tepat dengan strategi koping adaptif, stres dapat berdampak positif. Faktor yang berperan dalam strategi koping, satu diantaranya adalah kecerdasan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan stres akademik pada siswa SMA N 12 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA N 12 Semarang yang menerapkan Full Day School. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 221 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Teknik uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach dengan bantuan software pengolah data. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala psikologi, kecerdasan spiritual (24 aitem ɑ = 0,837) dan skala stres akademik (20 aitem ɑ = 0,846). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual berada pada kategori tinggi dan stres akademik berada pada kategori sedang. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa nilai r = -0,435 dengan p = 0.00 (p < 0.05) yang artinya ada hubungan negatif antara kecerdasan spiritual dengan stres akademik pada siswa SMA N 12 Semarang. Semakin tinggi kecerdasan spiritual maka semakin rendah stres akademik. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan spiritual maka semakin tinggi stres akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stres Akademik, Kecerdasan Spiritual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:17
Last Modified: 30 Sep 2021 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46980

Actions (login required)

View Item View Item