TINGKAT KONDISI FISIK ATLET BOLA VOLI PUTRA KLUB TUNAS VOKA DAN KLUB BRAVO DI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2020


KHAFID MAULANA, 6102416029 (2020) TINGKAT KONDISI FISIK ATLET BOLA VOLI PUTRA KLUB TUNAS VOKA DAN KLUB BRAVO DI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINGKAT KONDISI FISIK ATLET BOLA VOLI PUTRA KLUB TUNAS VOKA DAN KLUB BRAVO DI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2020] PDF (TINGKAT KONDISI FISIK ATLET BOLA VOLI PUTRA KLUB TUNAS VOKA DAN KLUB BRAVO DI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adanya perbedaan wilayah berlatih atlet antara kedua klub bola voli yang ada di Kabupaten Banjarnegara, perbedaan prestasi dan belum diketahuinya tingkat kondisi fisik atlet. Tujuan penelitian untuk menganalisis seberapa besar tingkat kondisi fisik atlet di klub bola voli putra Tunas Voka dan Bravo di Kabupaten Banjarnegara tahun 2020 dan untuk mendeskripsikan keadaan kondisi fisik atlet bola voli putra klub Tunas Voka dan klub Bravo Metode penelitian menggunakan survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini klub tunas voka dan klub bravo total 42 atlet dengan rincian 18 atlet tunas voka dan 24 atlet dari bravo dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Variabel penelitian ini yaitu kondisi fisik atlet. Dalam pengambilan data dengan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI), yang meliputi Lari 60 Meter, Gantung Angkat Tubuh, Baring Duduk, Loncat Tegak, dan Lari 1200 Meter. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan presentase dan dalam perhitungan digunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk atlet bola voli putra klub tunas voka hasil tes TKJI dengan rincian sebanyak 2 orang (11,1%) masuk dalam kategori baik, sebanyak 2 orang (11,1%) dan sebanyak 14 orang (77,8%) masuk dalam kategori sedang. Secara rata-rata hasil tes klub tunas voka masuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada klub bravo dengan rincian sebanyak 17 orang (70,8%) masuk dalam kategori kurang, sebanyak 7 orang (29,2%) masuk dalam sedang. Secara rata-rata hasil tes klub bravo mendapatkan hasil kurang. Dari data menunjukan bahwa kondisi fisik pada klub tunas voka lebih tinggi dibandingkan klub bravo. Secara rata-rata tingkat kondisi fisik atlet klub tunas voka lebih baik dibandingkan dengan klub bravo. Simpulan dalam penelitian ini menunjukan tingkat kondisi fisik atlet bola voli putra klub tunas voka dan bravo menunjukan bahwa secara rata-rata klub tunas voka lebih baik dibandingkan dengan klub bravo dengan hasil rata-rata tes klub tunas voka mendapatkan 77.8% masuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada klub bravo hasil rata-rata tes mendapatkan 70.8% masuk dalam kategori kurang. Hasil tes kondisi fisik klub bola voli putra tunas voka dan bravo menunjukan ada perbedaan dalam hal kondisi fisiknya. Ini terbukti bahwa perbedaan kondisi wilayah berlatih atlet dapat mempengaruhi terhadap tingkat kondisi fisiknya. Saran untuk atlet agar selalu meningkatkan kondisi fisiknya dan pada pelatih agar memberikan program khusus meningkatkan kondisi fisik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Fisik, Bola Voli
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:04
Last Modified: 30 Sep 2021 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46976

Actions (login required)

View Item View Item