KENDALA GURU DALAM INTEGRASI PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP PADA MATA PELAJARAN DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 6 SALATIGA


Desy Dwi Cahyaningrum, 3201413051 (2020) KENDALA GURU DALAM INTEGRASI PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP PADA MATA PELAJARAN DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 6 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of KENDALA GURU DALAM INTEGRASI PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP  PADA MATA PELAJARAN DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 6 SALATIGA] PDF (KENDALA GURU DALAM INTEGRASI PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP PADA MATA PELAJARAN DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 6 SALATIGA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Cahyaningrum, Desy Dwi. 2020. Kendala Guru dalam Integrasi Pengetahuan Lingkungan Hidup pada Mata Pelajaran di Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 6 Salatiga.Skripsi. Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Suroso, M.Si, Wahyu Setyaningsih ST, MT. halaman Kata Kunci: Kendala, Integrasi, Pengetahuan Lingkungan Hidup. Setiap orang harus mengetahui tentang lingkungan hidup agar dapat melestarikan dengan benar. Sekolah merupakan salah satu media yang tepat untuk menanamkan pengetahuan lingkungn hidup pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala guru dalam mengintegrasikan pengetahuan lingkungan hidup dalam pembelajaran. Variabel dalam penelitian ini adalah integrasi pengetahuan lingkungan hidup dalam tujuan, integrasi pengetahuan lingkungan hidup dalam materi pelajaran, dan integrasi pengetahuan lingkungan hidup dalam metode dan strategi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan Integrasi Pengetahuan Lingkungan Hidup secara keseluruhan masuk dalam kategori Cukup Baik dengan Persentase 53,7% sudah mengintegrasikan Pengetahuan Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran. Integrasi dalam Tujuan Pembelajaran sebesar 50,67% telah mengintegrasikan pengetahuan Lingkungan Hidup masuk dalam kategori kurang baik. Persentase Integrasi pengetahuan lingkungan dalam materi pelajaran sebesar 44,47% masuk dalam kategori kurang baik dan Integrasi Pengetahuan Lingkungan Hidup dalam Metode dan Strategi Pembelajaran sebesar 63% masuk dalam kategori Cukup Baik. Kendala yang dihadapi guru yaitu kurangnya pengetahuan guru akan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lingkungan hidup. Saran bagi guru hendaknya menampilkan tujuan pengetahuan lingkungan hidup dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik serta menyisipkan isu lingkungan dalam materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendala, Integrasi, Pengetahuan Lingkungan Hidup.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > environmental Impact
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:01
Last Modified: 30 Sep 2021 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46974

Actions (login required)

View Item View Item