HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN PERNIKAHAN DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA PASANGAN COMMUTER MARRIAGE DI DESA DEPOKREJO KEBUMEN


sro Suwitaningsih, 1511414004 (2020) HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN PERNIKAHAN DENGAN KEPUASAN PERNIKAHAN PADA PASANGAN COMMUTER MARRIAGE DI DESA DEPOKREJO KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511414004.word - suwita ningsih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keadaan commuter marriage membuat intensitas kebersamaan menjadi berkurang, sehingga sulit untuk membangun keintiman dalam keluarga dan menyebabkan berkurangnya kepuasan pernikahan. Kepuasan pernikahan yang rendah akan rawan dengan rumah tangga yang kurang harmonis, bahkan dapat memicu terjadinya perceraian. Maka dari itu untuk dapat mempertahankan hubungan rumah tangga setiap pasangan harus memiliki komitmen. Komitmen menjadi salah satu indikator langgengnya suatu hubungan pernikahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara komitmen dengan kepuasan pernikahan pada pasangan commuter marriage di Desa Depokrejo Kebumen; untuk mengetahui gambaran kepuasan pernikahan pada pasangan commuter marriage di Desa Depokrejo Kebumen; untuk mengetahui gambaran komitmen pernikahan pada pasangan commuter marriage di Desa Depokrejo Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasangan commuter marriage di Desa Depokrejo Kebumen. Jumlah sampel sebanyak 147 KK. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan skala kepuasan pernikahan dan skala komitmen pernikahan. Skala kepuasan pernikahan terdiri dari 32 aitem valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,921. Skala komitmen pernikahan terdiri dari 25 aitem valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,886. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Teknik Rank Spearman, karena setelah dilakukan uji normalitas data yang diperoleh tidak normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian “ada hubungan positif antara komitmen pernikahan dengan kepuasan pernikahan di Desa Depokrejo Kebumen” diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pernikahan, Komitmen Pernikahan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 06:28
Last Modified: 30 Sep 2021 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46972

Actions (login required)

View Item View Item