AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA AL ASROR KOTA SEMARANG


Dwi Widayati, 3201413024 (2020) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA AL ASROR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI  DI MA AL ASROR KOTA SEMARANG] PDF (AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA AL ASROR KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Widayati, D. 2020 Aktivitas Belajar Siswa Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Geografi di Ma Al Asror Kota Semarang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pembimbing D Drs. Suroso, M.Si. dan Dr. Ir. Ananto Aji, M.Si. Kata Kunci: Model pembelajaran, Discovery Learning, Aktivitas Belajar Siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran maka harus memiliki aktivitas yang sesuai harapkan agar dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran Discovery Learning di MA Al Asror Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan deskriptif persentase. Lokasi penelitian dilakukan di MA AL-Asror Patemon Gunungpati. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan sampling jenuh atau semua populasi dijadikan sampel penelitian yaitu sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan dalam menggunakan observasi terstruktur. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terbanyak aktivitas siswa dalam pembelajaran Discovery Learning diperoleh dengan kategori rendah. namun, secara rata-rata skor diperoleh 32,9 atau dengan kriteria sedang. Artinya siswa dalam aktivitas pembelajaran Discovery Learning masih kurang sesuai dengan harapan karena masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu tingkat aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran Discovery Learning di MA Al Asror Kota Semarang tergolong sedang. Saran yang diberikan yaitu agar siswa lebih meningkatkan aktivitas dalam belajar khususnya model Discovery Learning agar menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Discovery Learning, Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:50
Last Modified: 30 Sep 2021 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46967

Actions (login required)

View Item View Item