HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SCHOOL CONNECTEDNESS PADA SISWA SMA NEGERI 10 SEMARANG


Arinta Siswi Hapsari, 1511413122 (2020) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SCHOOL CONNECTEDNESS PADA SISWA SMA NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413122 - arinta hapsari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah dianggap sebagai institusi penting untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan diharapkan mampu mengemban tujuan pendidikan, sehingga berhasil memberikan pengalaman terbaik bagi siswa yang pada akhirnya membuat para siswanya merasa sejahtera. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan banyak aspek pendukung, salah satunya adalah school connectedness. Akan tetapi kenyataanya tidak semua siswa memiliki tingkat school connectedness yang baik. Tingkat school connectedness pada siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kelompok teman sebaya yang positif (positive peers/group). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan school connectedness pada siswa di SMA Negeri 10 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan sampel penelitian berjumlah 100 siswa SMA Negeri 10 Semarang dan teknik sampling yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan skala school connectedness dan skala dukungan sosial teman sebaya. Pada skala school connectedness diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.872 dan 25 aitem valid dari jumlah keseluruhan 32 aitem. Pada skala dukungan sosial teman sebaya diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.921 dan 28 aitem valid dari jumlah keseluruhan 32 aitem. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat school connectedness siswa secara umum berada pada kategori tinggi dengan presentase 63%. Sedangkan tingkat dukungan sosial teman sebaya yang dialami siswa secara umum berada pada kategori sedang cenderung tinggi dengan presentase 48%. Selain itu hasil uji hipotesis dari penelitian ini diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0.321 dengan p = 0.001 (p<0,05) sehingga menunjukkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan school connectedness pada siswa SMA Negeri 10 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial teman sebaya, school connectedness, siswa SMA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:55
Last Modified: 30 Sep 2021 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46962

Actions (login required)

View Item View Item