TINGKAT HARDINESS PADA PETUGAS PEMASYARAKATAN DI LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA SEMARANG
Mega Sukma Doa Fitri, 1511413119 (2020) TINGKAT HARDINESS PADA PETUGAS PEMASYARAKATAN DI LAPAS PEREMPUAN KELAS IIA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Petugas Pemasyarakatan di Lapas merupakan pembina bagi para narapidana yang sedang mengalami masa pidana dan mempunyai tujuan demi terciptanya manusia yang lebih baik dan demi terwujudnya sistem Peradilan Pidana. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan banyak komponen pendukung, salah satunya adalah kepribadian tahan banting (hardiness). Akan tetapi kenyataanya tidak semua petugas memiliki tingkat hardiness yang baik. Tingkat hardiness pada petugas dipengaruhi oleh tiga aspek, yaitu komitmen, kontrol dan tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat hardiness pada petugas pemasyarakatan di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel penelitian berjumlah 73 petugas pemasyarakatan di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang dan teknik sampling yang digunakan adalah studi populasi. Data diperoleh dengan menggunakan skala hardiness. Pada skala hardiness diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.903 dan 35 aitem valid dari jumlah keseluruhan 40 aitem. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat hardiness pada petugas pemasyarakatan secara umum beada pada kategori rendah 0% (0 subjek), kategori sedang 12,33% (9 subjek) dan kategori tinggi 87,67% (64 subjek).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hardiness, kepribadian tahan banting, petugas pemasyakakatan. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 02:51 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46961 |
Actions (login required)
View Item |