HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT KARYAWAN BADAN PENELITIAN ASET NEGARA (BPAN) ALIANSI INDONESIA DEWAN PIMPINAN CABANG DEMAK


Wresni Hapsari, 1511413058 (2020) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT KARYAWAN BADAN PENELITIAN ASET NEGARA (BPAN) ALIANSI INDONESIA DEWAN PIMPINAN CABANG DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413058 - wresni hapsari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan transformasional merupakan suatu keadaan ketika karyawan merasa memiliki pemahaman akan pekerjaan yang dilakukannya dalam melakukan pekerjaannya sendiri dan memiliki peranan dalam perusahaan. Psychological empowerment merupakan suatu keadaan ketika karyawan terlibat dalam seluruh kegiatan organisasi dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang positif seperti energi yang tinggi, kemauan untuk bekerja, tidak mudah lelah, mampu menghadapi kesulitan-kesulitan, bangga, antusias, keterikatan yang kuat dengan pekerjaan, menikmati pekerjaannya dan berkonsentrasi penuh dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan transformasional terhadap psychological empowerment. Ada dua skala yang digunakan, yaitu skala kepemimpinan transformasional dan skala psychological empowerment yang melibatkan 84 orang karyawan BPAN Aliansi Indonesia Pimpinan cabang Kab. Demak sebagai subjek penelitian. Data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan metode analisis statistik. Hubungan kepemimpinan transformasional terhadap psychological empowerment anggota BPAN Aliansi Indonesia Pimpinan cabang Kab. Demak berada dalam kategori rendah. Adapun hasil uji hipotesis menunjukan koefisien korelasi (r) variable kepemimpinan transformasional dengan psychological empowerment sebesar 0,240 dengan taraf signifikansi p = 0,028 atau p < 0,05. Nilai koefisien korelasi yang bernilai positif yaitu 0,240 menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi hubungan positif, sehingga hubungan kedua variable tersebut bersifat searah (jenis hubungan searah).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional, psychological empowerment
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 07:00
Last Modified: 29 Sep 2021 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46955

Actions (login required)

View Item View Item