PERBEDAAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EXTROVERT


Akhmad Ghosun, 1511413039 (2020) PERBEDAAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EXTROVERT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413039.pdf - akhmad ghosun.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah melesat sangat cepat sejak beberapa tahun terakhir. Seluruh kegiatan dilakuakan melalui media online. Namun kemajuan dari teknologi tersebut membawa dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari majunya teknologi adalah mudahnya komunikasi dua orang atau lebih dalam jarak jauh. Sedangkan salah satu dampak negatif dari kemajuan teknologi yaitu adanya cyberbullying. Cyberbullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialami seseorang dan dilakukan teman seusia mereka melalui dunia cyber atau internet. Cyberbullying adalah kejadian manakala seorang diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan oleh orang lain melalui media internet, teknologi digital atau telepon seluler. Cyberbullying sering terjadi disekitar kita, namun secara tidak sadar kita malah mengabaikan hal tersebut. Pelaku dari cyberbullying tersebut adalah manusia. Manusia menurut tipe kepribadiannya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu manusia yang memiliki tipe kepribadian Introvert dan Extrovert. Oleh sebab itu, peneliti ingin mencari tahu apakah ada perbedaan perilaku cyberbullying ditinjau dari tipe kepribadian Introvert dan Extrovert. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparasi. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Psikologi Universitas negeri Semarang. Jumlah sampel yaitu sebanyak 504 mahasiswa. Teknik sampling yang dipakai yaitu total sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala Personal Style Inventory dan skala cyberbullying. Validitas dari penelitian ini adalah 0,109 dan realibilitasnya adalah 0,945. Tipe kepribadian Introvert dan Extrovert berada pada kategori sedang. Hasil perhitungan uji Wilcoxon Mann Whitney U Test pada perilaku cyberbullying ditinjau dari tipe kepribadian Introvert dan Extrovert diperoleh nilai z sebesar 0,1802; dengan signifikasi sebesar 0,071; (α > 0,05). Hasil tersebut membuktikan bahwa tidak adanya perbedaan perilaku cyberbullying pada mahasiswa psikologi Universitas Negeri Semarang yang memiliki tipe kepribadian Introvert dan Extrovert. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan cyberbullying pada mahasiswa psikologi universitas negeri semarang ditinjau dari tipe kepribadian Introvert dan Extrovert, namun karena tidak adanya perbedaan yang signifikan dari kedua tipe kepribadian tersebut maka hipotesis dari penelitian ini ditolak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Introvert, Exkrovert, Cyberbullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:50
Last Modified: 29 Sep 2021 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46952

Actions (login required)

View Item View Item