HUBUNGAN ANTARA RASA TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY FEELINGS) DENGAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN MASYARAKAT DI DESA PENGGALANG KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP


Melawati Rocliana, 1511413016 (2020) HUBUNGAN ANTARA RASA TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY FEELINGS) DENGAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN MASYARAKAT DI DESA PENGGALANG KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413016 - melawati Rocliana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku ramah lingkungan diartikan sebagai tindakan/aktivitas manusia yang dapat meminimalisir dampak negatif/kerusakan terhadap lingkungan (alam, tumbuhan, hewan) sebagai konsekuensi dari aktivitas tersebut. Dalam mengatasi masalah lingkungan tersebut maka dibutuhkan kebijaksanaan, niat, dan rasa tanggung jawab dari manusia untuk mengurangi perkembangan pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan rasa tanggung jawab (responsibility feeling) dan perilaku ramah lingkungan masyarakat di Desa Penggalang Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel pada penelitian ini sama dengan jumlah populasi yaitu 134 subyek. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala rasa tanggung jawab (responsibility feeling) dengan koefisien reliabilitas 0,590 dan skala perilaku ramah lingkugan dengan koefisien reliabilitas 0,680. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara rasa tanggung jawab (responsibility feeling) dan perilaku ramah lingkungan masyarakat di Desa Penggalang Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Hasil hipotesis memperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,384 dengan nilai signifikansi (p) 0,000. Rasa tanggung jawab (responsibility feeling) berada pada kategori tinggi dan perilaku ramah lingkungan pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Responsibility Feelings, Perilaku Ramah Lingkungan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:36
Last Modified: 29 Sep 2021 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46949

Actions (login required)

View Item View Item