PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL REKAN KERJA TERHADAP JOB INSECURITY PADA PERAWAT TENAGA KONTRAK DI RSUD dr. SOEHADI PRIJONEGORO SRAGEN


Indah Prima Rukmana, 1511413012 (2020) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL REKAN KERJA TERHADAP JOB INSECURITY PADA PERAWAT TENAGA KONTRAK DI RSUD dr. SOEHADI PRIJONEGORO SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413012 - indah prima rukmana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dukungan sosial rekan kerja terhadap job insecurity pada perawat tenaga kontrak. Perawat dengan beban kerja yang tinggi dan tanggung jawab yang besar terhadap pasien tentunya membutuhkan kenyamanan dan keamanan dalam bekerja. Posisi sebagai tenaga kontrak dan dengan beban kerja yang tinggi akan membuat perawat mengalami kecemasan mengenai status kepegawaiannya karena sewaktu-waktu bisa diberhentikan secara sepihak dan berimbas pada masa depan dan kelangsungan pekerjaannya. Fenomena tersebut tentunya akan memunculkan rasa ketidakamanan atau job insecurity pada perawat tenaga kontrak. Perawat tenaga kontrak yang mengalami job insecurity ini membutuhkan dukungan sosial dari lingkungan terdekatnya seperti rekan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel pada penelitian ini sama dengan jumlah populasi yaitu berjumlah 120 subyek. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala job insecurity dengan koefisien reliabilitas 0,865 dan skala dukungan sosial rekan kerja dengan koefisien reliabilitas 0,943. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh dukungan sosial rekan kerja terhadap job insecurity pada perawat tenaga kontrak di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Hasil hipotesis memperoleh nilai F sebesar 38,143 dengan nilai signifikansi (p) 0,000. Hasil uji regresi diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,244 yang berarti besarnya pengaruh dukungan sosial rekan kerja terhadap job insecurity memiliki presentase sebesar 24,4%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Rekan Kerja, Job Insecurity, Perawat Tenaga Kontrak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:33
Last Modified: 29 Sep 2021 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46948

Actions (login required)

View Item View Item