HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD, GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG


Enggar Agus Priambodo, 1401416501 (2021) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD, GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416501 - Enggar Agus Priambodo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Peran orang tua kurang optimal dan motivasi belajar tinggi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar yang optimal dapat diraih dengan menanamkan kebiasaan belajar yang baik pada siswa seperti cara mengikuti pela- jaran dengan baik, cara belajar di rumah, cara belajar berkelompok yang baik, mempelajari buku teks, dan sikap menghadapi ujian serta memotivasi siswa dalam belajar yaitu dorongan mental yang ada di dalam individu untuk menggerakkan dan mengarahkan perilaku individu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) peran orang tua dengan hasil belajar siswa. (2) motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. (3) peran orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 155 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel sebanyak 124 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik non tes, yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen mengguna-kan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, Uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menggunakan rumus product moment dengan bantuan IBM SPSS Statistic 22. Berikut adalah: hasil rhitung variabel peran orang tua dengan hasil belajar lebih besar dari rtabel (0,665 > 0,176), besar koefisien determinasi 44,2%; (2) hasil rhitung variabel peran orang tua dengan hasil belajar lebih besar dari rtabel (0,802 > 0,176), besar koefisien determinasi 64,3%; (3) hasil rhitung variabel peran orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar lebih besar dari rtabel (0,802 > 0,176), besar koefisien determinasi 64,29%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua orang tua dengan hasil belajar siswa, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa, terutama pada kelas IV SD Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Peneliti menyarankan kepada agar dapat meningkatkan sikap perhatian kepada anaknya terkait belajar dan peneliti menyarankan guru agar dapat lebih meningkatkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran maupun di luar pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peran orang tua ; motivasi belajar; hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:20
Last Modified: 29 Sep 2021 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46944

Actions (login required)

View Item View Item