KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS WAHIDIN KECAMATAN GRABAG


Nuni Afnyya, 1401416500 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS WAHIDIN KECAMATAN GRABAG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416500. - NUNI AFNYYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi pra-penelitian yang telah dilakukan di kelas IV SDN Gugus Wahidin Kecamatan grabag didapat bahwa hasil belajar PPKn kurang maksimal dikarenakan menerapkan model pembelajaran Direct Instruction dengan media gambar pada kegiatan pembelajarannya. Selain itu, belum optimalnya guru dalam memanfaatkan failitas berupa Wi-fi yang disediakan di sekolah untuk mengembangkan media pembelajaran yang manarik dan kreatif sehingga diperlukan adanya perlakuan yaitu menerapkan model Discovery Learning berbantuan Microsoft Sway karena memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif, kreatif dan mandiri. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan model Discovery Learning berbantuan Microsoft Sway terhadap hasil belajar PPKn dan mendiskripsikan siswa dalam pembelajaran PPKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Gugus Wahidin Kecamatan Grabag dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN Pesidi sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Ketawang 02 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Microsoft Sway digunakan pada pembelajaran PPKn materi bentuk keragaman sosial budaya di Indonesia. Hasi uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 2,35, sedangkan nilai ttabel yaitu 2,02. Thitung lebih besar dari ttabel (2,35>2,02) yang berarti model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Microsoft Sway lebih efektif terhadap hasil belajar PPKn materi bentuk keragaman sosial budaya di Indonesia. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,243 tergolong kriteria rendah sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,363 tergolong kriteria sedang. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 77% dibandingkan kelas kontrol yaitu 64%. Simpulan penelitian yaitu model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Microsoft Sway yang digunakan pada pembelajaran PPKn materi bentuk keragaman sosial budaya di Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar. Pembelajaran dengan menggunakan Discovery Learning berbantuan Microsoft Sway sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu media dan fasilitas yang tersedia di sekolah, persiapan yang baik dan mengikuti langkah-langkah pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: discovery learning; microsoft sway; PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:13
Last Modified: 29 Sep 2021 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46942

Actions (login required)

View Item View Item