HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG


Amanda Maulida Nuriyanti, 1401416496 (2021) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416496 - Amanda MN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada kelas IV SD Negeri Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang menunjukkan terdapat beberapa prestasi belajar siswa yang masih rendah karena tidak memenuhi KKM kelas sebesar 7,5, selain itu beberapa siswa juga kurang memperhatikan terkait tugas tugas rumah. Latar belakang mata pencaharian orang tua yang mengakibatkan kurang pemantauan akan perkembangan anak secara langsung khususnya dalam menghargai dan menghormati terhadap orang yang lebih tua maupun lebih muda. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. (2) menguji hubungan antara Nilai Karakter dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. (3) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dan nilai karakter tanggungjawab dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 146 siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sebanyak 124 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh dengan prestasi belajar siswa, kontribusi variabel pola asuh orang tua termasuk dalam kategori baik; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara nilai karakter dengan prestasi belajar siswa, kontribusi variabel nilai karakter ternasuk dalam kategori baik; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan nilai karakter tanggungjawab secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa, kontribusi variabel pola asuh orang tua dan nilai karakter tanggungjawab dengan prestasi belajar tersebut termasuk dalam kategori kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan nilai karakter tanggungjawab dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Gugus Wijaya Kusuma Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat meningkatkan nilai karakter tanggungjawab dan orang tua hendaknya memperhatikan pola asuh yang sesuai kepada anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai karakter; prestasi belajar; pola asuh orang tua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 05:10
Last Modified: 29 Sep 2021 05:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46938

Actions (login required)

View Item View Item