HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PERCAYA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS PATIMURA KECAMATAN TANGGUNGHARJO GROBOGAN


Indana Zulfa, 1401416483 (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PERCAYA DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS PATIMURA KECAMATAN TANGGUNGHARJO GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416483 - indana na.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan peneliti di kelas V SDN Gugus Patimura, prestasi belajar muatan pembelajaran IPS siswa rendah ditandai dengan adanya siswa yang belum tuntas KKM. Kemampuan berpikir kritis dan percaya diri menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, ditandai dengan kurangnya kemampuan dalam mengkritisi materi pelajaran, keyakinan pada diri siswa yang masih kurang, dan percaya diri yang masih perlu ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar IPS, (2) menguji hubungan antara percaya diri dengan prestasi belajar IPS, (3) menguji hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan percaya diridenganprestasi belajar IPS siswa kelas V di SDN Gugus Patimura Kecamatan Tanggungharjo Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Patimura Kecamatan Tanggungharjo Grobogan yang berjumlah 112. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi Product Moment, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan prestasi belajar IPS, dengan rhitung 0,752 serta berkontribusi sebesar 56,6%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara percaya diri dengan prestasi belajar IPS dengan rhitung 0,631 serta berkontribusi sebesar 39,8%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan percaya diri dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Patimura, dengan rhitung 0,776serta berkontribusis sebesar 60,2%. Simpulan penelitian inimenunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan percaya diri dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Patimura Kecamatan Tanggungharjo Grobogan. Saran dalam penelitian ini, guru dan orangtua hendaknya dapat bekerja sama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan percaya diri siswa sehingga diharapkan dapat memperoleh prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis; percaya diri; prestasi belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:58
Last Modified: 29 Sep 2021 04:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46936

Actions (login required)

View Item View Item