HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Fitri Dwi Hastuti, 1401416480 (2020) HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416480.pdf - Fitri Dwi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya variasi gaya mengajar guru, motivasi belajar siswa, dan hasil belajar IPS. Berdasarkan kegiatan pra penelitian menunjukkan rendahnya variasi gaya mengajar, motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan dan mengetahui kontribusi antara variasi gaya mengajar dengan hasil belajar IPS, antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, antara variasi gaya mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan populasi 119 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 119 siswa diperoleh dari teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sebelum melaksanakan analisis data, peneliti melakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas. Teknik analisis data menggunakan analis deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan uji determinasi. Hasil analisis data menunjukkan : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar dan hasil belajar IPS, nilai rhitung 0,816,termasuk kategori sangat kuat dengan kontribusi sebesar 66,5 %, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar IPS, nilai rhitung 0,999, termasuk kategori sangat kuat dengan kontribusi sebesar 99,9 %, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS, dengan rhitung 0,999, termasuk kategori sangat kuat dengan kontribusi sebesar 99,9 %. Simpulan dari penelitian ini yaitu variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar IPS. Jika variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa ditingkatkan, maka menimbulkan kenaikan pada hasil belajar IPS. Disarankan guru dapat meningkatkan indikator variasi gaya mengajar yaitu variasi suara, variasi mimik, dan perpindahan posisi serta motivasi belajar siswa yaitu adanya hasrat untuk berhasil dalam belajar dan indikator adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, motivasi belajar siswa, variasi gaya mengajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:53
Last Modified: 29 Sep 2021 04:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46935

Actions (login required)

View Item View Item